Jumat 12 Nov 2010 03:53 WIB

Pertarungan Terakhir Pacquiao?

Rep: Ratna Puspita/ Red: Endro Yuwanto
Manny Pacquiao
Manny Pacquiao

REPUBLIKA.CO.ID, ARLINGTON--Manny Pacquiao akan kembali naik ring menghadapi Antonio Margarito akhir pekan ini. Isu pensiun petinju yang juga anggota Kongres Filipina tersebut pun kembali mencuat.

Pac-man, demikian julukannya, dikabarkan akan menggantung sarung tinjunya bila berhasil mengalahkan Margarito di Cowboys Stadium.

Pelatih Pacquiao, Freddie Roach, mengatakan, bila menang dan pertarungan dengan Floyd Mayweather Jr tidak terwujud, maka tidak ada lagi tantangan yang tersisa bagi petinju Filipina tersebut.

Duel antara Pacquiao dan Mayweather Jr akan mempertemukan dua petinju terbaik dunia saat ini. Namun, pertarungan tersebut semakin sulit terjadi mengingat Mayweather tengah menghadapi delapan tuntutan, termasuk kekerasan dalam rumah tangga dan pencurian. Bila terbukti bersalah, Mayweather dapat dihukum penjara 34 tahun.

Bila Pacquiao mengalahkan Margarito dan memenangi gelar di kelas kedelapannya, Roach mengatakan, itu menjadi saat yang tepat untuk mengucapkan selamat tinggal pada dunia tinju profesional dan fokus pada politik.

Promotor Bob Arum, mengatakan, Shane Mosley, Juan Manuel Marquez, dan Miguel Cotto dapat menjadi lawan Pacquiao bila pertarungan dengan Mayweather tidak terwujud.

Namun, Roach menyingkirkan opsi Pacquiao bertarung melawan Mosley setelah petinju 39 tahun itu dikalahkan Mayweather Mei lalu. Pacquiao memiliki rekor 1-0-1 melawan Marquez pada pertarungannya di kelas bulu dan ringan. Pacquiao berhasil menghentikan Cotto pada pertarungan kelas welter.

"Siapa yang peduli dengan Mosley? Dia petinju yang seharusnya sudah pensiun. Hari kejayaan Shane sudah berlalu," kata Roach.

Pacquiao dan Roach memiliki hubungan yang sangat dekat, dan sang petinju kerap menyebut pelatihnya itu sebagai 'sang guru'. Namun, menurut Arum, Roach tidak memiliki pengaruh bila terkait keputusan kapan Pacquiao akan pensiun.

"Anda harus menyadari, Manny tidak memberikan hal itu kepada Freddie. Saya sudah bicara dengan orang-orangnya tentang berapa lama dia akan bertanding. Ini tidak akan menjadi pertarungan terakhirnya," kata Arum.

Roach duduk di sebelah Pacquiao setelah jumpa pers berakhir. Ketika wartawan menanyakan apakah Pacquaio akan pensiun seperti yang disarankan pelatihnya, petinju 31 tahun itu melihat sekilas pada Roach dan menjawab, "Tidak. Saya masih akan bertarung. Saya tidak pensiun."

sumber : ap
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement