Jumat 19 Nov 2010 05:42 WIB
Bersaing dengan Messi dan Arjen Robben

Pesepak Bola Wanita Jepang Nominator Gol Terbaik FIFA

FIFA
Foto: ant
FIFA

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Kumi Yokoyama mungkin tidak setenar Lionel Messi atau Cristiano Ronaldo dalam jagat sepak bola dunia, tetapi satu gol yang dicetak pesepak bola wanita asal Jepang itu memenuhi kriteria Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA) untuk menjadi salah satu gol terbaik dunia 2010.

FIFA dalam laman resminya memang telah merilis sepuluh gol terbaik yang pernah diciptakan sepanjang tahun 2010 dan akan memilih satu gol untuk mendapatkan '2010 FIFA Puskas Award', penghargaan untuk gol terbaik di dunia versi federasi sepak bola dunia itu.

Untuk menentukan gol terbaik itu FIFA punya kriteria sendiri sendiri, yakni nilai estetikanya, seberapa pentingnya laga ketika gol itu tercipta, faktor keberuntungan dan kesalahan pemain lawan, 'fair play', serta waktu gol itu tercipta, yaitu 1 Januari sampai 15 Oktober 2010.  

Yokoyama sendiri mencetak gol indahnya ke gawang Korea Selatan, September silam ketika memperkuat tim nasional Jepang dalam Turnamen Piala Dunia Perempuan U-17 di Trinidad & Tobago.

Selain Yokoyama, masih ada sembilan gol lain yang dinilai FIFA layak meraih Puskas Award 2010 yang akan dianugerahkan Januari 2011 mendatang di Zurich, Swiss.

Para pencetak gol-gol itu adalah Lionel Messi (Argentina), Hamit Altintop (Turki), Arjen Robben (Belanda), Giovanni van Bronckhorst (Belanda), Linus Hallenius (Swedia), Samir Nasri (Prancis), Neymar (Brasil), Siphiwe Tshabalala (Afrika Selatan), dan Matthew Burrows (Irlandia Utara).

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement