Jumat 31 Dec 2010 03:14 WIB
Piala AFF 2010

Ayo.. Bangkit Timnas Merah Putih, Turkmenistan Telah Menanti di Depan

Timnas Indonesia Runner Up Piala AFF 2010
Foto: antara
Timnas Indonesia Runner Up Piala AFF 2010

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Timnas Indonesia harus segera melupakan kegagalan meraih juara Piala AFF 2010. Alfred Riedl, pelatih timnas Indonesia, harus segera mempersiapkan skuatnya untuk menghadapi Turkmenistan.

Skuat Merah Putih akan menghadapi negara pecahan Uni Soviet itu di laga pra-kualifikasi Olimpiade London 2012. Indonesia akan menjamu Turkmenistan di laga pertama di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, pada 23 Februari 2011. Kemudian skuat Alfred Riedl ini akan melakoni laga kedua di kandang Turkmenistan pada 9 Maret.

Indonesia bersama 21 tim lainnya masuk kelompok bawah. Sementara Vietnam merupakan satu-satunya negara Asia Tenggara yang masuk kelompok atas bersama 12 negara lainnya. Jika berhasil lolos dari hadangan Turkmenistan, Indonesia akan melaju ke putaran pertama kualifikasi untuk menghadapi salah satu tim dari kelompok atas.

Turkmenistan dan Indonesia baru dua kali bertemu dengan sama-sama membukukan satu kemenangan. Indonesia pertama kali bertemu Turkmenistan saat tumbang 1-3 di laga kualifikasi Piala Dunia 2006 di Ashgabat pada akhir Maret 2004. Pasukan Garuda mampu membalas dengan skor serupa saat menjamu Turkmenistan pada November 2004. Ilham Jaya Kesuma saat itu mencetak hattrick untuk kemenangan Indonesia.

Dari sisi peringkat, Indonesia masih unggul dari Turkmenistan. Posisi Indonesia naik delapan tingkat ke 127 peringkat FIFA. Sementara, Turkmenistan turun satu tingkat ke posisi 135. Di tingkat Asia, Indonesia berada di posisi ke-19 dengan Turkmenistan berada persis di bawahnya.

sumber : fifa
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement