Jumat 31 Dec 2010 06:22 WIB
Final Piala AFF 2010

‘PSSI Harus Direformasi’

Rep: ratna puspita/ Red: Johar Arif
Kantor PSSI di Stadion Utama Gelora Bung Karno
Kantor PSSI di Stadion Utama Gelora Bung Karno

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Vietnam, Thailand, Singapura, dan terakhir Malaysia sudah pernah mencicipi gelar juara Piala AFF. Sedangkan Indonesia harus puas dengan status empat kali finalis.

Capaian ini membuat desakan reformasi di tubuh Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) di bawah kepemimpinan Nurdin Halid menguat. Selama tujuh tahun memimpin organisasi tersebut Nurdin tidak dapat memberikan prestasi yang membanggakan bagi sepakbola Indonesia.

"Ini bukti kalau PSSI di bawah Nurdin Halid tidak dapat mempersembahkan gelar juara. Kalau sudah tidak bisa, harusnya tahu diri," kata pengamat sepakbola, Sumohadi Marsis, Kamis (30/12).

Ia mengatakan melajunya Indonesia ke babak puncak AFF bukanlah pencapaian istimewa karena sudah empat kali merasakannya. Secara moral, katanya, Nurdin harusnya mengakui kegagalannya. "Ketua umum yang lalu, seperti Agum (Gumelar), Azwar Anas, juga mau mengakui kegagalannya setelah cukup berjuang. Jadi tidak usah tunggu kongres."

Tidak hanya Nurdin, menurut Sumohadi, organisasi PSSI secara menyeluruh harus segera dibenahi agar sepakbola Indonesia lebih baik.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement