Rabu 23 Feb 2011 21:01 WIB
Timnas U23

Kalah 1-3, Peluang Indonesia Tipis

Oktovianus Maniani (kiri)
Foto: antara
Oktovianus Maniani (kiri)

REPUBLIKA.CO.ID,PALEMBANG - Timnas u23 Indonesia kalah 1-3 saat menjamu Turkmenistan di laga pra-Olimpiade 2012 di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring, Palembang, Rabu (23/2). Kekalahan ini membuat Indonesia harus menang 3-0 di leg kedua di Turkmenistan pada 9 Maret.

Menjamu Turkmenistan, pelatih Alfred Riedl memainkan formasi 4-2-2 dengan Titus Bonai dan kapten Yongki Aribowo tampil sebagai starter di lini depan. Babak pertama berakhir imbang 1-1. Indonesia lebih dulu memimpin lewat gol Titus pada menit ke-13. Tapi, selang tiga menit kemudian, tim tamu Turkmenistan menyamakan kedudukan lewat tendangan bebas kapten Amanov Arslanmyrat.

Pada babak kedua, Indonesia mengambil inisiatif serangan untuk mencoba kembali memimpin skor. Skuat Merah Putih kembali melakukan serangan lewat Oktovianus Maniani dari sayap kiri. Tapi sayang, Indonesia tidak kunjung mampu menjebol gawang Turkmenistan hingga menit ke-80.

Bencana justru menerpa kubu Indonesia di sepuluh menit terakhir pertandingan. Menerima umpan sodoran, Aleksandr Boliyan berdiri bebas tanpa terkawal melepaskan tembakan untuk membawa Turkmenistan memimpin 2-1. Selang enam menit kemudian, tim tamu menambah pundi golnya menjadi 3-1 lewat gol Vahyt.

Kekalahan 1-3 ini membuat peluang Indonesia tipis. Di Turkmenistan, skuat Alfred Riedl ini harus menang 3-0 untuk memastikan lolos ke babak berikutnya. Mereka juga harus menghadapi serangan suhu dingin Turkmenistan yang mencapai lima derajat celcius.

Tidak hanya itu. Timnas u23 Indonesia juga mengalami kendala masalah non-teknis. Iman Arif, manajer timnas u23 Indonesia, mengaku manajemen belum punya dana untuk bertandang ke negara pecahan Uni Soviet tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement