Selasa 19 Apr 2011 20:51 WIB

Rachmad Darmawan Pelatih Timnas

Timnas
Foto: Antara
Timnas

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Pelatih Persija Jakarta, Rahmad Darmawan, ditunjuk Satlak Program Indonesia Emas (Prima) sebagai pelatih timnas U-23 yang diproyeksikan turun di SEA Games 2011.

Deputi Bidang Teknis Badan Tim Nasional (BTN) Iman Arif di Jakarta, Selasa, mengatakan, Rahmad Darmawan telah ditetapkan setelah dipilih secara aklamasi oleh jajaran Satlak Ptima yang saat ini menaungi timnas U-23.

"Surat Keputusan (SK) sudah ditandatangani dan telah diserahkan. Yang menjadi masalah, Persija hingga kini belum mengizinkan," katanya di sela peluncuran Program Industrialisasi Olahraga Nasional di Menara Kadin Jakarta.

Sebelum memutuskan Rahmad Darmawan sebagai pelatih timnas, Satlak Prima juga memanggil pelatih klub LPI Persebaya 1927 Aji Santoso untuk memaparkan visi dan misinya jika melatih timnas.

Menurut dia, saat ini pihaknya masih menunggu kejelasan dari Persija yang saat ini masih belum melepaskan Rahmad Darmawan yang tenaganya masih dibutuhkan untuk mengikuti kompetisi Indonesia Super League (ISL).

"Kontrak Rahmad hingga 15 Agustus nanti. Dia juga harus merealisasikan target untuk memaksimalkan sembilan pertandingan sisa," katanya menambahkan.

Ia menjelaskan, dengan ditunjuknya Rahmad Darmawan, maka status Alfred Riedl yang sebelumnya memegang timnas U-23 akan diperbantukan untuk timnas senior yang akan turun di Pra-Piala Dunia 2014.

"Kontrak Rahmad Darmawan hanya untuk SEA Games. Jadi hanya akan menangani timnas selama enam bulan saja," kata mantan Ketua BTN itu.

Rahmad Darmawan akan memulai tugasnya saat seluruh pemain timnas menjalani Diklat Pembentukan Karakter di Markas Pusdikpassus Batujajar Bandung awal Mei nanti. Namun semua itu tergantung pada kesiapan mantan pelatih Sriwijaya FC itu.

Ditanya jumlah pemain yang akan mengikuti pelatnas, Iman menjelaskan akan terjadi penambahan yang cukup siginifikan dibandingkan jumlah sebelumnya karena akan ditambah pemain LPI.

"Ada 22 pemain dari ISL dan 22 pemain dari LPI. Setelah diklat akan dipangkas hingga 30 pemain yang selanjutnya akan dikirim ke Austria untuk menjalani pemusatan latihan," katanya menegaskan.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement