Ahad 17 Jul 2011 08:15 WIB

Belanda Soroti Tugas Rijsbergen di Timnas Indonesia

Wim Rijsbergen
Wim Rijsbergen

REPUBLIKA.CO.ID,AMSTERDAM - Perkembangan sepakbola Indonesia juga jadi sorotan media Belanda. Teristimewa jabatan baru pelatih asal Belanda, Wim Rijsbergen (59 tahun), sebagai pelatih baru timnas Indonesia.

Tabloid terbesar Belanda khusus sepakbola, Voetbal International (VI), sudah beberapa hari ini menyoroti mantan pelatih PSM Makassar ini. Selanjutnya Radio Nederland (RNW) melaporkan mantan pemain Feyenoord dan timnas Oranje itu akan membesut skuad menghadapi dua pertandingan lawan Turkmenistan dalam rangka penyisihan Piala Dunia 2014 Brasil.

VI juga mengetahui pelatih kelahiran Leiden ini menggantikan pelatih Alfred Riedle yang baru saja dipecat. "Pelatih asal Austria itu harus pergi menyusul pemilihan Djohar Arifin Husin sebagai ketua umum baru PSSI," kata mingguan terbitan Rabu ini.

Koran de Gerderlander juga menyinggung kisruh sepakbola di Indonesia. Di situsnya, harian ini menyebut bahwa persepakbolaan Indonesia sulit diatur. "Persepakbolaan di negeri Asia ini sulit diurus. Bahkan FIFA harus turun tangan untuk pemilihan ketua baru persatuan sepakbola nasionalnya (PSSI) dan mendamaikan pertikaian soal ketua baru."

Negara Fantastis?

Soal pelatih baru timnas Garuda, media Belanda lebih positif. Voetbal Internasional melihat semangat pada pelatih asal Belanda ini. Rijsbergen menyambut baik tugas barunya.

"Saya melihatnya sebagai tantangan untuk menoreh prestasi di negara yang fantastis ini," ungkapnya kepada situs Sport-Promotion.

Ia tidak memaparkan lebih lanjut arti 'fantastis' itu. Jum'at silam usai menghadiri latihan timnas, Rijsbergen berseloroh,"Mereka kelihatan sangat bersemangat."

Mantan pelatih FC Groningen itu juga menyadari tantangan berat ke depan. "Tentu saja ada beberapa hal yang harus dibenahi. Tapi kalau melihat mentalitas pemain, kedepannya kita bisa melakukan hal-hal menarik," lanjut Rijsbergen.

Berbekal pengalaman sebagai pelatih PSM Makassar, Rijsbergen jadi termotivasi. "Pengalaman beberapa bulan di Makassar dan didukung orang-orang yang berniat baik di sini, saya percaya bisa melakukan perubahan ke arah yang positif," tuturnya pada VI.

sumber : www.rnw.nl
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement