Rabu 10 Aug 2011 11:38 WIB

Jacksen: Pemain Persipura ke Timnas Berdampak Positif

Jacksen Tiago (tengah), pelatih Persipura Jayapura, saat memimpin latihan skuatnya.
Foto: Antara/Marcelinus Kelen
Jacksen Tiago (tengah), pelatih Persipura Jayapura, saat memimpin latihan skuatnya.

REPUBLIKA.CO.ID,JAYAPURA - Pelatih Persipura Jayapura, Jacksen Tiago, mengatakan tim yang diasuhnya sangat diuntungkan dengan bergabungnya beberapa pemain mereka di tim nasional. Karena, hal tersebut memberikan banyak dampak positif ketimbang sebaliknya.

"Itu justru menjadi keuntungan kami. Karena, pemain yang bergabung ke timnas itu akan menjalani pertandingan internasional yang berkualitas tinggi. Hal ini bisa menjadi ajang untuk mengasah skill dan kemampuan mereka," katanya.

Menurut pelatih berkewarganegaraan Brazil itu, keuntungan lainnya dengan bergabungnya sejumlah pemain utama Persipura ke Timnas adalah semakin membuat tingkat permainan tim berjuluk "Mutiara Hitam" itu berada pada level yang lebih baik lagi. Gabung timnas juga akan menempa mental bertanding Boaz Solossa dkk.

"Level permainan mereka tentu akan lebih meningkat saat bermain di timnas. Tentu hasilnya berbeda jika dibanding saat mereka mengikuti program latihan kami. Yang penting kepergian mereka ke timnas tidak mengganggu persiapan Persipura untuk laga di AFC," ujarnya.

Mengenai kondisi kebugaran para pemain Persipura selama libur kompetisi, Jacksen Tiago mengatakan tidak terlalu bermasalah karena para pemain banyak yang tetap ikut bermain di sejumlah kompetisi lokal Papua dan sering berlatih bersama. "Kondisi pemain memang sedikit menurun karena selama libur kompetisi mereka tidak melakukan aktivitas selain bermain di pertandingan lokal. Namun, itu tidak masalah dan tak sampai menggangu persiapan kami," ucapnya.

Persipura Jayapura saat ini menyumbang tujuh pemain ke timnas senior maupun U-23. Mereka antara lain Boaz Solossa, Richardo Salampessy, Hamka Hamza, dan Ian Kabes tergabung di tim senior. Sementara, Lukas Mandowen, Titus Bonai, dan Stevi Bonasapia masuk dalam skuad seleksi U-23.

Klasemen Liga 1 2024/2025
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
1 Persebaya Surabaya Persebaya Surabaya 7 5 2 0 7 5 17
2 Pusamania Borneo Pusamania Borneo 7 4 3 0 10 7 15
3 Bali United Bali United 7 4 2 1 12 6 14
4 Persib Bandung Persib Bandung 7 3 4 0 13 6 13
5 PSM Makassar PSM Makassar 7 3 3 1 9 5 12
sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement