Ahad 12 Feb 2012 13:13 WIB

Mali Paksa Ghana di Posisi Keempat Piala Afrika

REPUBLIKA.CO.ID, MALABO - Mali berhasil merebut tempat ketiga Piala Nasional Afrika 2012 lewat dua gol yang disumbangkan oleh Cheick Tidiane Diabate sehingga mengalahkan Ghana, yang bermain dengan 10 orang, dengan skor 2-0 pada pertandingan Sabtu (11/2).

Penyerang bertubuh besar yang bermain untuk klub Prancis tersebut mencetak kedua gol itu dari jarak dekat dan memastikan kekalahan Ghana untuk kedua kalinya secara beruntun. Ghana sebelumnya ditaklukkan Zambia pada pertandingan babak semi final, Rabu (8/2).

Penderitaan Ghana termasuk juga dengan keluarnya pemain bertahan Isaac Vorsah karena mendapat dua kartu kuning setelah pertandingan berlangsung satu jam.

Diabate membuat Mali unggul ketika kiper Adam Kwarasey hanya menyanggah bola tendangannya dari jarak jauh pada menit ke-23, namun akhirnya bola itu meleset masuk ke gawang.

Dia menambah gol kedua di sisa waktu sepuluh menit setelah menggiring bola melewati pemain belakang Adama Tamboura. Diabate berada di kalangan pemain yang mencetak tiga gol bersama dengan enam pemain lain di papan urutan pencetak gol turnamen tersebut.

Ghana yang berputus asa harus merelakan Vorsah menjadi pemain ketiga tim tersebut yang dikeluarkan dari lapangan pada babak putaran final Piala Nasional Afrika kali ini.

Ghana, yang telah dikalahkan Mali 2-0 pada tahap grup Januari lalu, berharap dapat mencetak gol setelah babak pertama usai. Tapi upaya gol Sulley Muntari dinyatakan 'offside'.

sumber : Antara/Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement