Senin 12 Mar 2012 16:13 WIB

Andriy Yarmolenko, The Next Andriy Shevchenko

Rep: Friska Yolandha/ Red: Karta Raharja Ucu
Andriy Yarmolenko disebut-sebut sebagai penerus kesuksesan Andriy Shevchenko
Andriy Yarmolenko disebut-sebut sebagai penerus kesuksesan Andriy Shevchenko

REPUBLIKA.CO.ID, KYIV -- Membukukan tujuh gol dalam 18 pertandingan timnas merupakan prestasi yang cukup membanggakan bagi seorang striker muda, Andriy Yarmolenko. Di klub yang saat ini dibela, Dynamo Kyiv, penyerang 22 tahun itu juga mencatat prestasi yang tak kalah mentereng, yakni mencetak 44 gol dalam 129 pertandingan. Tidak salah bila Yarmolenko digadang-gadangkan bakal menjadi bintang baru dari Ukraina.

Pemuda yang lahir di Saint Petersburg, Russia, ini sudah menyukai sepak bola sejak balita. Ia mulai mengasah kemampuannya bermain pada usia 13 tahun. Yarmolenko bergabung dengan Akademi Pemuda Dynamo Kyiv, pascahijrah permanen ke Ukraina saat berusia tiga tahun.

Yarmolenko memulai debutnya dengan kontrak lima tahun bersama Dynamo Kyiv pada Desember 2006. Pada saat itu ia ditempatkan di tim nomor dua klub raksasa Ukraina tersebut, Dynamo-2. Untuk klub ini Yarmolenko bertanding 37 kali dan mencetak 10 gol.

Prestasi ini mengantarkan pemain kidal ini promosi ke tim utama Bilo-Syni --julukan Dinamo--. Debut pertamanya di tim senior Dinamo pada Mei 2008 pun cukup menggembirakan. Yarmolenko mencetak satu gol pada pertandingan melawan Vorskla Poltava. Setelah itu, puluhan gol bersarang di tim lawan melalui kaki dan kepala Yarmalenko.

Karena ketajamannya itulah, masyarakat Ukraina berharap Yarmelenko bisa menunjukkan tajinya saat bersama Polandia, negara pecahan Uni Soviet itu menjadi tuan rumah di Piala Eropa 2012.

Kecerdasan dan kecepatan Yarmalenko di lapangan merupakan nilai plus yang dimilikinya. Tidak salah kalau media lokal menyebutnya sebagai 'Shevchenko generasi baru'.

Andriy Shevchenko yang asli pun tidak membantah kehebatan Yarmalenko. "Dia adalah bintang masa depan Ukraina. Tidak banyak pemain yang memiliki kecerdasan di lapangan dan kekuatan fisik seperti dia," ungkap mantan penyerang AC Milan dan Chelsea itu seperti dilansir dari laman World Game, awal tahun lalu.

Sementara Wakil Presiden Dynamo, Yozhef Sabo, tak segan memuji Yarmalenko. Sabo menyebut, Yarmalenko memiliki kecepatan yang luar biasa. "Dia mempunyai semua yang dimiliki pemain-pemain top," tutur Sabo.

Biodata:

Nama lengkap: Andriy Mykolaiovich Yarmolenko

Tempat/tanggal lahir: Saint Petersburg, 23 October 1989 (22 tahun)

Posisi: depan, sayap kiri

Klub saat ini: Dynamo Kyiv

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement