Selasa 13 Mar 2012 13:18 WIB

Piala Indonesia Segera Kembali Berputar

Rep: Abdullah Sammy/ Red: Didi Purwadi
Saleh Mukadar (tengah)
Foto: Antara/Puspa Perwitasari
Saleh Mukadar (tengah)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kejuaraan Piala Indonesia yang sempat vakum satu tahun akan kembali berputar. Rencananya, kejuaraan yang akan mempertemukan tim lintas-divisi ini akan mulai kick off pada 27 Maret 2012. Sebanyak 40 tim akan turut ambil serta dalam kejuaraan yang terdiri dari peserta Liga Prima Indonesia (LPI) dan Divisi Utama.

Deputi Sekjen bidang Kompetisi, Saleh Mukadar mengatakan, peserta sejauh ini adalah tim yang berkompetisi dibawah naungan PT Liga Prima Indonesia Sportindo (LPIS). Terkait kemungkinan bergabungnya tim Liga Super Indonesia, dia menyerahkan pada proses rekonsiliasi yang sedang berjalan.

“Peserta sejauh ini adalah 12 tim IPL dan 28 tim Divisi Utama,” ujar Saleh saat dihubungi Republika.

Menurut Saleh, kejuaraan Piala Indonesia tetap akan menggunakan sistem gugur. Seluruh tim akan diundi terlebih dahulu untuk menentukan siapa lawan di babak pertama kejuaraan. Nantinya, sesama tim Liga Prima akan dipisah di babak awal. Mereka masing-masing akan dipertemukan oleh satu tim Divisi Utama di putaran pertama.

“Pertandingan menggunakan sistem home and away di tiap putarannya. Nanti agregat yang akan menentukan siapa tim yang lolos,” katanya.

Walau sempat vakum, Saleh yakin Piala Indonesia akan membawa gengsi besar pada setiap tim, pemain, dan pendukung. Karena, kejuaraan ini juga bisa menjadi patokan tim mana yang akan mewakili Indonesia di kompetisi Piala AFC.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement