Jumat 13 Jul 2012 19:41 WIB

Harry Kewell, Pemain Terbaik Australia Sepanjang Masa

Rep: Erik Purnama Putra/ Red: Hafidz Muftisany
Harry Kewell
Foto: AP Photo/Kin Cheung
Harry Kewell

REPUBLIKA.CO.ID, SIDNEY — Mantan punggawa Liverpool Harry Kewell mendapat anugerah berupa Pemain Terbaik Australia sepanjang masa. Penghargaan itu didapatkan mantan pemain Leeds United  atas kiprahnya selama ini di dunia sepak bola. Perannya di timnas Australia sangat penting sehingga layak menyandang gelar itu.

“Saya merasa terhormat atas penghargaan ini dan sangat berterima kasih, khususnya karena yang menentukan hasil akhirnya adalah publik dan juga dengan banyaknya pemain bagus di negara ini,” ujar Kewell sebagaimana dilansir Soccernet.

Sayangnya, Kewell tak bisa menerima secara langsung penghargaan ini dalam sebuah acara seremoni di Sydney, lantaran tengah berada di Inggris. Saat ini, Kewell juga tengah menganggur setelah meninggalkan Melbourne Victory.

Penentuan pemain terbaik di Negeri Kanguru ini melalui proses seleksi yang melibatkan fans, para pemain, dan pengamat. Tercatat lebih dari 15 ribu suara masuk dan penentuan pemenang yang memakai penilaian sebuah panel yang berisi pemain, mantan pemain, administrator, dan para komentator.

Selain Kewell, terdapat nama beken yang masuk tim Australia terbaik sepanjang masa, seperti Mark Schwarzer, Lucas Neill, Joe Marston, Craig Moore, Alan Davidson, Johnny Warren, Ned Zelic, Tim Cahill, Ray Baartz, dan Mark Viduka.

“Bisa masuk bersama pemain-pemain hebat di tim terbaik sepanjang Australia, baik pemain dulu maupun sekarang, adalah sesuatu yang tak akan pernah saya lupakan,” kata Kewell.

Puncak prestasi Kewell adalah ketika Liverpool mengangkat trofi Liga Champions musim 2005. Ia malang melintang selama 14 tahun di Liga Primer Inggris sejak 1995 dan bergabung Leeds United. Kewell memutuskan meremput di Liga Turki bersama Galatasaray pada musim 2008, setelah meninggalkan Stadion Anfield

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement