REPUBLIKA.CO.ID, NEWCASTLE -- Manajemen Newcastle United sepertinya tidak konsisten dengan pemberian nama stadion yang dimilikinya. Setelah mulai musim ini mengubah nama St James Park menjadi Sports Direct Arena, mereka memutuskan mengembalikan stadion ke nama lama mulai musim depan.
Newcastle adalah klub ketiga yang disponsori Wonga, setelah klub Divisi Championsip Blackpool dan klub Liga Primer Skotlandia, Heart. Kebijakan baru itu diambil setelah Newcastle United resmi menjalin kontrak dengan sponsor baru bersama Wonga.
Perusahaan yang bergelut di bidang finansial digital itu akan mengganti Virgin Company yang kontraknya habis pada akhir musim nanti. Kerjasama baru itu berlaku selama empat tahun dengan nilai kontrak sebesar 24 juta poundsterling alias Rp 369 miliar.
“Newcastle United telah menyepakati kontrak empat tahun bersama Wonga yang akan menjadi sponsor komersial utama,” demikian pernyataan Newcastle di laman resmi klub, Rabu (10/10).
Kontrak baru ini berdampak pada hak pengelolaan dan penamaan stadion. Wonga lebih sreg menggunakan St James Park yang dinilai memiliki makna historis dan menjadi kebanggaan pendukung daripada Sports Direct Arena.
Petinggi the Magpies nampaknya sulit menolak permintaan Wonga. Pasanya sang sponsor rela melakukan investasi dalam jumlah besar untuk mengembangkan akademi muda Newcastle. Mereka juga diharapkan bisa merangkul dan mendekatkan diri pada komunitas suporter yang lebih luas.