Rabu 24 Oct 2012 23:31 WIB

Bern Schuster Jengkel dengan Strategi 'Parkir Bus'

Rep: Satria Kartika Yudha/ Red: Karta Raharja Ucu
Bernd Schuster
Foto: AP/Efrem Lukatsky
Bernd Schuster

REPUBLIKA.CO.ID, MADRID -- Mantan pelatih Real Madrid, Bernd Schuster jengkel dengan tren strategi 'parkir bus' yang diterapkan klub-klub Eropa.

Schuster menilai gaya permainan ultra defensif tersebut semakin menjamur menyusul kesuksesan Chelsea merengkuh gelar Liga Champions musim lalu dengan menerapkan gaya permainan tersebut.

"Musim lalu kita melihat hal ini diterapkan oleh Chelsea. Itu adalah contoh yang buruk untuk dunia sepak bola," kata Schuster seperti dinukil dari Football Espana, Rabu (24/10).

Schuster menyebut rata-rata klub-klub Eropa yang bertemu Barcelona bakal menerapkan strategi negatif football. Teranyar adalah Glasgow Celtic yang menerapkan strategi tersebut saat bertemu Barca di Liga Champions, Rabu (23/4) dinihari WIB. Dalam laga itu Barca menang 2-1 lewat gol Jordi Alba jelang akhir pertandingan.

Menurut Schuster, kemenangan telat Barca tersebut lantaran permainan negatif Celtic yang menerapkan strategi bertahan. Hampir 10 pemain Celtic berada bermain di barisan pertahanan sepanjang pertandingan.

"Saya sangat jengkel melihat tipe permainan seperti ini. Seharusnya tak ada tim seperti ini (Celtic) di Liga Champions," sebutnya.

"Celtic pun hampir memetik satu poin di kandang El Barca. Dan jika terjadi, hasil pertandingan tersebut adalah hal yang sangat tidak pantas," sebutnya mengakhiri.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement