Sabtu 03 Nov 2012 17:41 WIB

Ini Dia Kuartet Muslim yang Memoles Newcastle

Rep: irfan fitrat/ Red: Taufik Rachman
Striker Newcastle United Demba Ba melakukan selebrasi gol dengan sujud saat melawan Reading
Foto: AP Photo
Striker Newcastle United Demba Ba melakukan selebrasi gol dengan sujud saat melawan Reading

REPUBLIKA.CO.ID,NEWCASTLE--Meningkatnya performa Newcastle United musim lalu di Liga Primer Inggris tidak terlepas dari peran pemain Muslim yang ada dalam skuatnya.

Sosok seperti Demba Ba, Papiss Cisse, Cheick Tiote, dan Hatem Ben Arfa, merupakan pemain Muslim yang membantu the Magpies tampil lebih kompetitif, termasuk di musim kompetisi kali ini.

Pelatih Newcastle Alan Pardew mengatakan, ada delapan pemain Muslim dalam timnya. Bagi dia, para pemain ini merupakan bagian sangat penting dalam tubuh the Magpies. Bukan hanya soal kualitas, Pardew juga sangat terkesan dengan sikap dan gaya hidup para pemain Muslim Newcastle yang mendukung kehidupan pesepak bola profesional. "Mereka tidak minum (minuman keras), mereka hidup lurus dan jelas jadi duta yang sempurna untuk agamanya," kata dia, seperti dilansir Daily Mail, Jumat (2/11).

Ba menjadi salah satu yang paling mendapat sorotan Pardew.  Ia menilai, penyerang tim nasional Senegal itu menjalankan keyakinannya dengan teguh. Ba tidak sungkan menunjukkan ketaatannya di dalam atau pun luar lapangan. "Mungkin dia memperlihatkannya lebih dari yang lain, dan saya sangat menghargai itu," kata arsitek asal Inggris itu.

Pardew juga melihat Ba sebagai pemain dengan pribadi dan pesepak bola yang kuat. Penyerang berusia 27 tahun itu juga bisa memperlihatkan jiwa kepemimpinan di ruang ganti pemain. Sosok seperti inilah yang diinginkan Pardew di dalam skuatnya. "Saya ingin dia terus bertahan di sini untuk memajukkan klub ini," ujar juru taktik berusia 51 tahun itu.

Melihat kontribusi Ba selama ini, wajar Pardew ingin mempertahankannya. Mantan pemain West Ham United itu sudah menunjukkan kelasnya sebagai penyerang andalan the Magpies. Di musim debutnya, Ba bisa mencetak 16 gol dalam 34 pertandingan Liga Primer. Kontribusi golnya membantu Newcastle mengakhiri musim di posisi lima besar.

Ketajaman Ba belum memudar di awal kompetisi 2012/13. Dalam sembilan laga Liga Primer, ia sudah mampu menyumbangkan tujuh gol. Ba kini bersanding dengan penyerang Manchester United, Robin Van Persie, dalam daftar pemain tersubur sementara. "Demba sudah memperlihatkan determinasi untuk menjadi dirinya seperti sekarang dan saya melihat itu di setiap harinya," kata Pardew.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement