Rabu 28 Nov 2012 07:07 WIB

Hiddink Segera Akhiri Karir Pelatih

Rep: angga indiwan/ Red: Taufik Rachman
Guus Hiddink
Foto: guardian.co.uk
Guus Hiddink

REPUBLIKA.CO.ID,MOSKOW -- Guus Hiddink bakal menjadikan klub Rusia yang kini tengah ia besut, Anzhi Makhachkala, sebagai tim terakhir di penghujung karirnya. Usai gelaran musim 2012/2013, Hiddink telah memantapkan niat untuk menyudahi karirnya sebagai pelatih.

"Anzhi bakal menjadi tim terakhirku. Aku sudah 66 tahun, sudah saatnya menyudahi karir ini," ujar Hiddink seperti dilansir Sky Sports, Rabu (27/11).

Pria yang telah melakoni 30 tahun hidupnya sebagai juru taktik itu memang sebelumnya telah mengisyaratkan tak lama lagi berkarir sebagai pelatih. Hal tersebut bahkan disampaikannya sebelum menerima tawaran dari Anzhi pada Februari silam.

"Pada awal bergabung dengan klub ini (Anzhi), aku sudah sampaikan sebelumnya, tugasku tak akan berjalan lama di sini," ujar mantan pelatih tim nasional Belanda tersebut.

Guus Hiddink merupakan satu dari sederet pelatih bertangan dingin. Pelatih yang juga sempat membesut Chelsea pada 2009 tersebut, sukses membawa Samuel Eto'o merajai pentas liga Rusia dan bersiap menantang Liga Champions musim mendatang.

Hiddink memulai karir melatihnya pada 1982 saat membesut klub lokal Belanda De Graafschap.  Hiddink juga pernah melatih klub-klub besar Eropa seperti PSV Eindhoven, Real Madrid, Chelsea, dan Valencia.

Tak hanya kenyang meniti karir d klub, pelatih yang terkenal dengan sikap dinginnya itu juga pernah menukangi sejumlah tim nasional selain Belanda seperti Korea Selatan, Australia, Rusia dan Turki.  "Semua itu sudah cukup bagiku," tutupnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement