Kamis 29 Nov 2012 21:31 WIB

Vilanova Puji Kontribusi Villa

Rep: Rusdy Nurdiansyah/ Red: Hafidz Muftisany
David Villa.
Foto: Reuters
David Villa.

REPUBLIKA.CO.ID, BARCELONA-terdapat banyak alasan untuk merasa puas bagi pelatih Barcelona Tito Vilanova, setelah timnya mengamankan tempat di babak 16 besar Piala Raja pada Sabtu lalu, namun dua gol David Villa kemungkinan berada di daftar teratasnya.

Penyerang tajam asal Spanyol itu, yang menepi selama delapan bulan setelah mendapat cedera patah kaki di Piala Dunia Klub Desember silam, menyarangkan dua gol saat timnya menang 3-1 di Nou Camp yang sekaligus menyingkirkan tim divisi ketiga Alaves dengan skor agregat 6-1.

Kedua gol itu merupakan gol keenam dan ketujuhnya dari 16 penampilan sejak kembali dari cedera, gol pertama dibukukan melalui tendangan bebas, dan membuat torehan golnya bagi klub dan negara mencapai 301 gol.

Dikenal sebagai "El Guaje" atau "Sang Bocah" dalam bahasa Asturia, Villa terlihat mendekati masa-masa terbaiknya di Barca, yang saat ini memuncaki klasemen Liga Spanyol dan melaju ke babak 16 besar Liga Champions.

"Setiap hari ia terlihat semakin membaik," kata Vilanova, dalam musim pertamanya sebagai pelatih setelah naik tingkat dari posisi asisten pelatih untuk menggantikan Pep Guardiola di akhir musim lalu, pada konferensi pers, di Barcelona, Kamis (29/11) WIB.

"Itu adalah cedera rumit dan ia telah bekerja keras sepanjang musim panas. Ia merupakan pemain yang memiliki bakat mencetak gol dan penting untuk memiliki dia di tim ini,'' tambah Vilanova.

Villa, yang berusia 31 tahun, direkrut Barca dari Valencia pada akhir musim 2009/2010 setelah ia sempat bermain di Sporting Gijon dan Real Zaragoza, di mana ia mencetak 40 gol bagi masing-masing klub itu.

Setelah mencetak 128 gol untuk Valencia, ia sekarang telah membukukan 40 gol untuk Barca, ditambah 53 gol dari 85 pertandingan untuk Spanyol, yang membuat dirinya menjadi pencetak gol terbanyak di tim juara dunia dan Eropa itu, unggul sembilan gol dari mantan penyerang Real Madrid Raul Gonzales.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement