Ahad 23 Dec 2012 16:00 WIB

KALEIDOSKOP OLAHRAGA 2012: Van Persie Berkostum Red Devils

Rep: Didi Purwadi/ Red: Fernan Rahadi
Robin Van Persie
Foto: AP/Kirsty Wigglesworth
Robin Van Persie

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Manchester United dan (MU) Arsenal mencapai kesepakatan dalam soal transfer Robin Van Persie. Kapten Arsenal itu akan menjalani tes medis pada Kamis 16 Agustus guna mempercepat kepindahannya ke Old Trafford.

Van Persie, yang tak lagi bersedia meneken kontrak baru karena tidak sepaham dengan kebijakan Arsenal, kabarnya akan meneken kontrak berdurasi empat musim dengan MU. Nilai transfernya mencapai angka 24 juta poundsterling.

Dalam pernyataan di situs resminya, Arsenal menyatakan telah menyetujui kesepakatan dengan The Red Devils dalam transfer Robin Van Persie.

''Van Persie akan terbang ke Manchester pada Kamis untuk menyetujui kesepakatan personal dan menjalani tes medis,'' tulis pernyataan Arsenal.

Manchester City dan Juventus juga tertarik mendaratkan Van Persie dari Arsenal. Tapi, striker timnas Belanda itu lebih memilih bergabung dengan Setan Merah.

Keputusan tersebut membuat pemain timnas Belanda itu mendapatkan banyak kecaman terutama dari kubu Arsenal. Mantan pemain the Gunners, Ray Parlour, tak habis pikir dan merasa kecewa melihat Robin Van Persie hengkang ke Manchester United.

Menurut Parlour, kepergian Van Persie ke Old Trafford seperti sebuah larangan yang telah dilanggar oleh Arsenal. "Ini sudah bertahun-tahun sejak Arsenal menjual seorang pemain ke Manchester United. MU selalu menjadi musuh besar kami. Kami memang banyak melepas pemain ke Manchester City. Tapi, MU adalah musuh kami dan kami tidak ingin membantu mereka," katanya

Parlour menilai kesepakatan transfer Van Persie menjadi pukulan telak bagi Arsenal. Gelandang Arsenal era 1990-an ini hanya berharap Arsenal bisa mendapatkan pemain pengganti yang sepandan Van Persie.

Sementara itu manajer Arsenal, Arsene Wenger, mengaku sebenarnya tak ingin menjual Van Persie ke MU. ''Kami ingin menghindari semua itu, tapi kami tidak bisa. Sejujurnya, saya lebih suka menjualnya ke luar negeri, PSG contohnya, daripada ke MU," kata Wenger kepada TF1.

Kepindahan tersebut mengakhiri karir delapan tahun Van Persie di Arsenal. Sejak 2004 hingga 2012, Van Persie telah mencetak 96 gol untuk the Gunners. Ironisnya, ia baru menyumbangkan dua gelar, yaitu Piala FA musim 2004/2005 dan FA Community Shield 2004.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement