Ahad 23 Dec 2012 15:30 WIB

KALEIDOSKOP OLAHRAGA 2012: AC Milan Jual Ibra dan Silva ke PSG

Rep: Taufik Rachman/Angga Indrawan/Karta Raharja Ucu/ Red: Fernan Rahadi
Thiago Silva
Foto: AP
Thiago Silva

REPUBLIKA.CO.ID, MILAN -- Akhirnya AC Milan menerima tawaran Paris Saint-Germain (PSG) untuk melepas dua pemainnya Zlatan Ibrahimovic dan Thiago Silva. Pembicaraan transfer kedua pemain tersebut sempat alot namun akhirnya menemukan kata sepakat untuk kedua pemain bernilai 65 juta euro.

''Ya, saya sudah menjual Ibra dan Silva ke PSG,'' kata presiden Rossoneri, Silvio Berlusconi seperti dilansir Gazzetta dello Sport, Jumat 13 Juli.

Bagi AC Milan, kepergian Ibra dan Silva bisa menghemat banyak pengeluaran mereka dari sisi gaji terutama Ibra yang mencapai 12 juta euro per musim. Penjualan kedua pemain andalan AC Milan tidak lain karena krisis keuangan yang sedang dihadapi klub besutan pelatih Massimiliano Allegri itu.

''Kini kami sudah sedikit menghemat,'' tegas Berlusconi.

Kepindahan keduanya sangat mengejutkan karena keduanya merupakan kunci kesuksesan Milan dalam dua musim terakhir. Bersama keduanya, I Rossoneri meraih Scudetto musim 2010/2011 dan Piala Super Italia 2011.

Dana 33 juta poundsterling yang digelontorkan PSG untuk memboyong Thiago Silva dari Milan mengantarkan bek asal Brasil itu menjadi bek termahal sejagat. Transfer Silva memecahkan nilai transfer Rio Ferdinand yang dibeli Manchester United dari Leeds United, seharga 29,1 juta poundsterling pada musim 2002 lalu.

Kepergian Ibra dan Silva memperpanjang daftar bintang yang hengkang dari San Siro. Mereka di antaranya Gennaro Gattuso, Pippo Inzaghi, Marc van Bommel, Clarence Seedorf, Gianluca Zambrotta dan Alessandro Nesta yang memilih menanggalkan jersey merah-hitam Milan.

Mantan pelatih AC Milan, Cesare Maldini, mengaku terkejut ketika AC Milan menjual Silva ke PSG.

''(Presiden AC Milan, Silvio) Berlusconi selama bertahun-tahun selalu berusaha memperkuat tim dengan membeli pemain-pemain level atas. Tapi, dalam beberapa tahun terakhir, aspek tersebut sepertinya telah berubah.'' kata Maldini kepada TMW.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement