Kamis 27 Dec 2012 09:28 WIB

Eriksson Gagal Jadi Pelatih Ukraina

Mantan Pelatih Timnas Inggris, Sven Goran Eriksson resmi ditunjuk sebagai Direktur Teknik klub Thailand, BEC Tero Sasana.
Mantan Pelatih Timnas Inggris, Sven Goran Eriksson resmi ditunjuk sebagai Direktur Teknik klub Thailand, BEC Tero Sasana.

REPUBLIKA.CO.ID, IEV -- Federasi Sepak Bola Ukraina (FFU) batal menunjuk Sven Goran Eriksson sebagai pelatih Timnas Ukraina.

Kantor berita Interfax melaporkan, FFU akhirnya menujuk mantan pelatih Dynamo Kiev, Mikhail Fomenko untuk menukangi Ukraina di kualifikasi Piala Dunia 2014.

Fomenko sepakat menandatangani kontrak berdurasi satu tahun, dengan klausal kontrak bisa diperpanjang dua tahun ke depan, jika Ukraina lolos ke putaran final Piala Dunia 2014 di Brasil.

Para anggota FFU dengan suara bulat memberikan suara kepada pria 64 tahun tersebut. Pria yang pernah menukangi CSKA Kiev, dan Tavria Simferopol itu tanpa terduga menyingkirkan Eriksson yang sarat pengalaman.

Mantan pelatih Timnas Guinea itu pernah berjaya saat masih menjadi pemain Dynamo Kiev. Ia sukses mengantarkan Kiev menjuarai Piala Winners Eropa dan Piala Super Eropa pada 1975.

Fomenko menggantikan ikon sepak bola Ukraina Oleg Blokhin, yang mengumumkan pengunduran dirinya dari posisi pelatih timnas untuk melatih Dynamo Kiev pada September.

Sayangnya, tugas yang diemban Fomenko tidak mudah. Soalnya, Ukraina nyaris mustahil bisa lolos ke Brazil, lantaran terpaku di peringkat kelima di babak grup kualifikasi.

Ukraina baru mengoleksi dua poin, dari tiga laga. Mereka tertinggal delapan poin dari pemuncak grup Montenegro, meski Ukraina masih memiliki satu pertandingan yang belum dimainkan.

sumber : AFP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement