Sabtu 12 Jan 2013 23:22 WIB

Ini Petuah Ferguson Untuk Pelatih Liverpool

Sir Alex Ferguson
Foto: Reuters/Nigel Roddis
Sir Alex Ferguson

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Sebagai pelatih yang sarat pengalaman, Sir Alex Ferguson, ingin membagi ilmunya kepada pelatih Liverpool, Brendan Rodgers. Pelatih Manchester United ini pun memberi petuah sederhana, yakni kesabaran, kepada Rodgers dalam memoles skuat the Reds. 

"Kesabaran merupakan komoditas utama yang diperlukan di dunia sepak bola. Jika Rodgers memiliki itu maka dia akan sangat beruntung nantinya," kata Ferguson seperti dilansir ESPN Star, Sabtu (12/1). 

Petuah pelatih asal Skotlandia itu kepada Rodgers bukan tanpa alasan. Ferguson mengungkapkan kondisi yang dialami Rodgers saat ini di Liverpool serupa dengan yang dialaminya ketika kali pertama membesut di tahun 1986.

Menurut Ferguson, Rodgers dan pemilik Liverpool, John Henry harus saling membahu dan sabar untuk membangkitkan kembali nama besar Liverpool. Begitu juga para pendukung the Reds agar bersabar untuk melihat klub kesayangannya itu kembali berjaya.

Sebagaimana diketahui Liverpool adalah salah satu raksasa sepak bola Inggris. Liverpool telah memenangi lima trofi Liga Champions UEFA (dulu Piala Champions), bahkan tercatat sebagai klub dengan pemegang gelar juara Liga Champions UEFA terbanyak di Inggris dan ketiga di Eropa setelah Real Madrid dan AC Milan.

Periode paling sukses dalam sejarah Liverpool adalah pada tahun 1970-an dan 1980-an ketika Bill Shankly dan Bob Paisley memimpin klub dengan sebelas gelar liga dan tujuh piala Eropa.

Di kompetisi domestik, Liverpool adalah klub dengan 18 gelar juara Liga Utama Inggris, tujuh kali Piala FA, serta tujuh kali juara Piala Liga.

Kali terakhir Liverpool menjuarai liga adalah musim 1989/90. "Liverpool tidak lagi memenangi trofi Liga Utama Inggris lebih dari 20 tahun. Itu terlalu lama bagi klub sekelas Liverpool," ujar Ferguson.

Secara terpisah, Steven Gerrard pun sedikit mengkritisi kebijaksanaan Rodgers dalam memimpin skuat teh Reds saat ini. Kapten Liverpool ini agak sedikit kecewa dengan kecenderungan Rodgers merekrut pemain muda.

Musim ini Liverpool diperkuat deretan pemain muda seperti Joe Allen, Fabio Borini, dan yang baru saja didatangkan ke Anfield, Daniel Sturridge. "Sejujurnya saya tidak setuju dengan kebijaksanaan (merekrut pemain muda) itu," ungkap Gerrard. Menurut dia, merekrut pemain berumur dan berpengalaman juga diperlukan. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement