Jumat 12 Apr 2013 07:54 WIB

Wah, Mantan Pemain Sepak Bola Jadi Detektif

Di usia 42 tahun De Zeeuw masih gemar bermain sepak bola dan kini menjadi bagian dari timnas polisi Belanda.
Foto: bbc.co.uk
Di usia 42 tahun De Zeeuw masih gemar bermain sepak bola dan kini menjadi bagian dari timnas polisi Belanda.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Mantan pemain sepak bola beralih profesi jadi pelatih atau manajer sudah biasa. Namun mantan pemain bola jadi detektif? Luar biasa, namun hal itu terjadi pada mantan pemain belakang Wigan Athletic, Arjan De Zeeuw.

Pria berusia 42 tahun ini kini berprofesi sebagai detektif di negara asalnya, Belanda. Ia mengaku awalnya tidak menyangka bakal sepenuhnya meninggalkan dunia sepak bola usai pensiun sebagai pemain pada 2009 lalu.

"Saya tidak pernah berniat untuk sepenuhnya meninggalkan dunia sepak bola usai selesai bermain. Hanya saja saya ingin menggunakan otak saya sedikit," ujar De Zeeuw kepada BBC Sport.

"Saya sempat berpikir tentang karier di dunia kesehatan, namun ketika saya tahu bahwa di situ saya membutuhkan delapan tahun sebelum praktek, saya mengalihkan perhatian ke tempat lain," ujarnya.

"Kini saya bisa dibilang sebagai detektif yang tengahl latihan. Saya tengah terlibat dalam sebuah kasus sekarang dan akan memiliki kualifikasi penuh pada akhir musim panas  nanti. Akhirnya, saya ingin memiliki spesialisasi di forensi," tuturnya.

Mengawali karier bermainnya di Belanda, De Zeeuw meraih ketenarannya di Inggris. Ia sempat memperkuat Wigan, Portsmouth, dan Coventry City sebelum pensiun di klub Belanda, ADO'20. Ia adalah bagian dari skuat Wigan yang mencapai final Piala Liga pada 2006 sebelum dikalahkan Manchester United.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement