Selasa 30 Apr 2013 04:00 WIB

Hari Terakhir Pelatih Legendaris Inggris

Rep: Umi Lailatul/ Red: Fernan Rahadi
Pelatih legendaris Timnas Inggris, Sir Alf Ramsey.
Foto: thefa.com
Pelatih legendaris Timnas Inggris, Sir Alf Ramsey.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Hari ini, 39 tahun yang lalu atau tepatnya 30 April 1974 menjadi momen tak terlupakan bagi para pendukung Inggris sekaligus Alfred Ernest Ramsey. Pelatih legendaris Inggris itu resmi dipecat oleh Asosiasi Sepakbola Inggris (FA).

 

Aksi pemecatan itu sebagai buntut dari mundurnya peforma Ramsey dalam membawa Inggris menjadi raja sepak bola dunia. Tim berjuluk The Three Lions itu untuk pertama kalinya gagal lolos Piala Dunia 1974.

 

Sebelum dipecat karier kepelatihan Ramsey bersama timnas Inggris sebenarnya sangat bagus. Ia memulai kariernya sebagai pelatih Inggris pada 1 Mei 1963. Selang tiga tahun kemudian, Ramsey berhasil membawa pasukan St George’s Cross menjuarai Piala Dunia 1966 untuk pertama kalinya. Ramsey berhasil membuktikan kapasitasmya sebagai pelatih seusai timnya menang atas Jerman dengan skor 4-2 pada partai final.

 

Kegemilangannya terus berlanjut pada tahun-tahun selanjutnya. Ramsey membawa Inggris meraih juara ketiga Piala Eropa 1968. Sayangnya, kesuksesan itu tak bertahan lama. Dua tahun berselang, Negeri Ratu Elizabeth itu gagal meraih gelar di kejuaran internasional. Inggris harus tersingkir atas Jerman pada babak perempat final Piala Dunia 1970 dengan skor 3-2.  

 

Kegagalan demi kegagalan terus dialami Ramsey bersama timnas Inggris pada musim selanjutnya. Puncaknya Inggris, gagal lolos ke Piala Dunia 1974 untuk pertama kalinya. Hal inilah yang menjadi penyebab matinya karier Ramsey bersama The Three Lions. Ramsey terpaksa harus angkat kaki dari timnas Inggris dan memilih hijrah berkarier bersama klub Inggris Birmingham City pada 1977-1978.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement