Senin 03 Jun 2013 10:43 WIB

Hari Ini, Tendangan Pisang Roberto Carlos Jebol Gawang Prancis

Rep: Angga Indrawan/ Red: Fernan Rahadi
Tendangan pisang pemain Brasil Roberto Carlos yang menjebol gawang Prancis di Tournoi de France 3 Juni 1997 silam.
Foto: vanvreekick.blogspot.com
Tendangan pisang pemain Brasil Roberto Carlos yang menjebol gawang Prancis di Tournoi de France 3 Juni 1997 silam.

REPUBLIKA.CO.ID, PARIS -- Hari ini 16 tahun yang lalu, atau tepatnya 3 Juni 1997, Brasil berhasil menahan imbang 1-1 Prancis pada pertandingan pembukaan Tournoi de France. Turnamen itu merupakan gelaran yang dihelat Federasi Sepakbola Prancis sebagai persiapan menuju Piala Dunia 1998.

Meski begitu, bukan skor imbang itu yang membuat laga berlangsung menarik. Digelar di hadapan 28 ribu pemadat di stadion Sade de Gerland, Lyon, satu tontonan spesial dibuat skuat Brasil saat membuka gol pada menit ke-35.

Gol tersebut selalu teringat dalam sejarah sebagai gol tercantik. Adalah Roberto Carlos, yang mencetak gol spektakuler melalui tendangan bebas. Gol itu yang kemudian dikenal sebagai "tendangan pisang".

Mengambil ancang-ancang jauh ke belakang, Roberto Carlos melesakkan tendangan keras. Dilihat dari garis lurus dari arah bola, jelas bola tersebut bakal melenceng jauh ke kiri atas gawang Prancis. Meski begitu, bola ternyata membuat kurva yang kemudian menukik tajam ke arah gawang. Kiper Prancis saat itu, Fabian Barthez hanya terpaku melihat gawangnya kebobolan.

Prancis kemudian berhasil menyamakan kedudukan lewat gol Marc Keller pada menit ke-55. Turnamen yang diikuti Perancis, Brasil, Inggris, dan Italia itu menegaskan Inggris menjadi juara. Brasil menjadi runner-up unggul atas Prancis di posisi ketiga.  Meski begitu, dendam Prancis terbalas. Di Final Piala Dunia 1998. Les Bleus mencukur Brasil dengan skor telak 3-0.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement