Ahad 29 Dec 2013 10:54 WIB

CR7 Pemain Terbaik Tahun 2013

Rep: Erik Purnama Putra/ Red: Hazliansyah
Cristiano Ronaldo melakukan selebrasi usai mencetak gol.
Foto: AP/Andres Kudacki
Cristiano Ronaldo melakukan selebrasi usai mencetak gol.

REPUBLIKA.CO.ID, DUBAI -- Jalan Cristiano Ronaldo meraih Ballon d’Or 2013 pada Januari mendatang, semakin lapang. Itu setelah CR7 dianugerahi Globe Soccer sebagai Pemain Terbaik Tahun 2013 di Dubai. Penghargaan diberikan oleh otoritas tertinggi olahraga pemerintahan Dubai.

 

Berdasarkan tahun kalender, Ronaldo mencetak 69 gol dari 59 laga bersama Real Madrid dan timnas Portugal. Capaian pribadinya itu mengalahkan Zlatan Ibrahimovic yang membukukan 47 gol bersama Paris Saint-Germain (PSG) dan timnas Swedia, serta Lionel Messi yang hanya menciptakan 45 gol bersama Barcelona dan timnas Argentina.

 

Mekanisme pemilihan adalah pengumpulan suara yang dilakukan suporter dari seluruh dunia. Hasilnya, ia menang telak dibanding pemain lainnya. Raihan itu semakin menambah deretan gelar individu yang didapatnya pada tahun ini.

 

Ronaldo mengatakan, kunci sukses mempertahankan performa di level tinggi adalah terus berlatih sepanjang waktu. “Saya telah bekerja keras pada sebuah intensitas yang tinggi. Saya selalu berdedikasi 100 persen. Saya selalu berusaha maksimal,” kata mantan pemain Manchester United itu, dilansir Marca, Ahad (29/12).

 

Ronaldo mengaku masih belum puas dengan pencapaiannya sekarang. Dia ingin terus mencetak gol dan mengukir prestasi bersama Los Blancos dan Selecao. Dengan usia 28 tahun, harapannya itu sepertinya masih bisa terealisasi. Menurut dia, bisa mencetak gol di setiap pertandingan adalah hasrat yang ingin dijaganya.

 

“Saya selalu mencoba untuk meningkatkan (kemampuan), untuk mencapai tujuan baru. Saya pasti akan mencoba untuk meningkatkan jumlah gol saya,” ujarnya. “Tujuan mencetak gol adalah gairah saya.”

 

Dia melanjutkan, tekanan yang besar malah di satu sisi bisa berimbas baik untuknya. Selain bisa mendorongnya untuk tampil lebih baik, juga menjadi motivasi agar selalu memberikan yang terbaik di lapangan.

“Kadang-kadang tekanan (bersifat) positif. Saya suka itu,” kata Ronaldo.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement