Sabtu 04 Jan 2014 17:37 WIB

Ronaldinho Kian Merapat ke Besiktas

Rep: Satria Kartika Yudha/ Red: Mansyur Faqih
Ronaldinho
Foto: AP Photo/Eduardo Verdugo
Ronaldinho

REPUBLIKA.CO.ID, ISTANBUL -- Rumor bergabungnya Ronaldinho ke Besiktas semakin berhembus kencang. Pemain berjuluk R10 itu dikabarkan kian merapat dengan tim yang bermarkas di Vodafone Arena, Istanbul, Turki tersebut. 

Laman Samba Foot, Sabtu (4/1) mengabarkan, Ronaldinho segera terbang ke Istanbul dalam beberapa hari kedepan guna memfinalisasikan kesepakatan dengan Besiktas. 

Namun, rencana kedatangan Ronaldinho bisa saja terealisasi dalam hitungan pekan. Yaitu jika sang pemain dan agennya jadi melakukan pertemuan dengan Presiden Atletico Mineiro Alexandre Kalil yang sebelumnya dijadwalkan setelah 3 Januari untuk membahas perpanjangan kontrak. 

Harian Turki, Fantastik, mengklaim Besiktas mencoba melobi Ronaldinho dengan gaji sebesar enam juta euro (sekitar Rp 98 miliar) per tahun. Empat juta euro dibayar klub, sementara dua juta euro menjadi tanggungan sponsor. 

Mantan pemain Paris Saint-Germain, Barcelona, dan AC Milan itu berstatus bebas transfer karena kontraknya bersama Atletico Mineiro telah kedaluwarsa pada 31 Desember 2013. 

Agen Ronaldinho, Roberto Assis mengungkapkan, Besiktas sebenarnya sudah lama mengidamkan Ronaldinho. Sudah hampir satu tahun, Besiktas selalu memantau perkembangan Ronaldinho dan rutin berkomunikasi dengan Roberto. 

"Mereka (Besiktas) sudah berkomunikasi dengan saya sudah selama hampir satu tahun," ungkap Roberto seperti dilansir Sky Sports belum lama ini. 

Sinar Ronaldinho memang belum pudar meski pun akan memasuki usia 34 tahun Maret mendatang. Buktinya, ia mendapat penghargaan sebagai Pemain Terbaik Amerika Latin 2013.

Ronaldinho memenangkan jajak pendapat yang digelar koran berpengaruh di Uruguay, El País. Dari 200 jurnalis yang memiliki hak pilih, mantan bintang Barcelona tersebut meraih 156 suara.

Dia mengalahkan Neymar yang menjadi raja Amerika Selatan dua tahun terakhir dengan 81 suara. Posisi ketiga dihuni bintang Argentina, Maximiliano Rodriguez yang membela Newell’s Old Boys dengan 79 suara.

Hasil itu secara tidak langsung menahbiskan Ronaldinho sebagai salah satu legenda sepak bola yang dihormati di Amerika Latin dan Eropa. Karena pada 2005, ia juga ditahbiskan sebagai Pemain Terbaik Eropa dan mendapat Ballon d’Or.

Kontribusi Ronaldinho yang mengantarkan Atletico Mineiro menjadi juara Piala Libertadores untuk pertama kalinya menjadi pertimbangan khusus. Sejak memperkuat Galo pada musim 2012, Ronaldinho sukses mencetak 16 gol dari 45 pertandingan. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement