Jumat 10 Jan 2014 20:54 WIB

Debutan ISL Kejutkan Persipura 3-2

Inter Island Cup
Foto: liga-indonesia.info
Inter Island Cup

REPUBLIKA.CO.ID, JAYAPURA -- Tuan rumah Persipura Jayapura secara mengejutkan harus menyerah 2-3 dari tim pendatang baru Indonesia Super League (ISL), Perseru Serui, pada pertandingan pertama Inter Island Cup 2014 Zona Sulawesi-Papua di Stadion Mandala, Jayapura, Papua, Jumat.

Juara ISL 2013 Persipura sebenarnya sempat unggul lebih dulu pada babak pertama lewat tendangan Fery Pahabol ketika pertandingan baru berjalan empat menit.

Tendangan bebas pemain Timnas U-23 dari sisi kiri pertahanan Perseru Serui melengkung indah masuk ke pojok kanan gawang yang tidak bisa dijangkau kiper Teguh Amirudin.

Di babak pertama, kedua tim saling bergantian melancarkan serangan. Tetapi, tuan rumah tampil lebih dominan dan menciptakan sejumlah peluang baik dari penyerang barunya Jaelani Arey Sibi, Ruben Karel Sanadi dan Bokay Edi Foday.

Namun, hingga 45 menit babak pertama usai, kedudukan tetap 1-0 untuk tim berjuluk 'Mutiara Hitam tersebut.

Pertandingan babak kedua baru berjalan beberapa detik, Perseru yang dilatih Roby Maruanaya berhasil menggetarkan jala gawang Persipura yang dijaga Ferdiansyah. Namun, wasit Iwan Sukoco menganulir gol karena salah satu pemain Perseru terlebih dahulu offside.

Laga babak kedua yang berlangsung di bawah guyuran hujan cukup deras, membuat kondisi lapangan licin dan sejumlah pemain dari kedua tim sering salah melakukan passing dan gampang terjatuh.

Pada menit ke-51, Sunday Oboh akhirnya membobol gawang tuan rumah untuk menyamakan skor menjadi 1-1. Berselang tujuh menit, giliran Arthur Barius Bonay yang menambah gol dan membawa Perseru berbalik unggul 2-1.

Gol Arthur tercipta cukup bagus karena tendangan kerasnya dari luar kotak pinalti melengkung masuk ke gawang Persipura yang tidak bisa dijangkau kiper Ferdiansyah.

Empat menit setelah gol Arthur, pemain gelandang Persipura Ian Louis Kabes mampu menyamakan kedudukan 2-2 lewat tendangan bebas dari luar kotak penalti yang meluncur ke sisi kanan gawang.

Tensi permainan kembali meningkat. Pada menit ke-69, sebuah serangan balik Perseru ke pertahanan Persipura memaksa Yustinus Pae menjatuhkan pemain gelandang Perseru Alex Yarangga dan wasit memberikan tendangan bebas.

Mantan pemain Sriwijaya FC, Oktovianus Maniani, yang mengambil tendangan bebas itu berhasil melambungkan bola ke kotak penalti Persipura.

Bokay Edy Foday, yang bermaksud membuang bola keluar, justru membuat arah bola masuk ke gawang sendiri. Skor pun berubah 3-2 untuk keunggulan tim Perseru Serui dan bertahan hingga pertandingan berakhir.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement