Sabtu 02 Aug 2014 22:16 WIB

Tiga Klub Crimea Gabung Liga Rusia

Rep: adi wicaksono/ Red: Esthi Maharani
Krimea
Foto: grid.al
Krimea

REPUBLIKA.CO.ID, MOSKOW -- Tiga klub yang berbasis di Crimea akan bermain di Liga Rusia mulai musim 2014/2015 mendatang. Otoritas sepak bola Rusia (RFU) telah menerima permohonan ketiga klub tersebut untuk bergabung.

Satu dari tiga tersebut adalah SKChF dari Sevastopol, kota terbesar di Crimea yang tengah menjadi sengketa antara Rusia dan Ukraina. Dua klub lainnya adalah Zhemchuzhuna dari Yalta, dan SC Tavriya dari Simferopol.

"Ketiga klub tersebut akan bermain di divisi kedua liga profesional Rusia dan akan berkompetisi di Piala Rusia," demikian pernyataan resmi RFU seperti dilansir the Guardian, Sabtu (2/8).

Asosiasi sepak bola Ukraina (FFU) memprotes keras langkah Rusia. Wakil Presiden FFU Anatoly Popov mengatakan, Rusia harus menerima konsekuensi karena telah mengambil alih tiga klub Ukraina.

Ia menyatakan, klub dari sebuah asosiasi tak boleh bermain di laga asosiasi lain tanpa permisi. Ia mendesak otoritas sepak bola Eropa (UEFA) dan dunia (FIFA) untuk segera turun tangan.

Popov mengakui, wilayah Crimea saat ini berada dalam kekuasaan Rusia untuk sementara. Namun, ia mengklaim semestinya sepak bola ikut beralih ke Rusia.

"Sepak bola di Crimea berada di bawah juridiksi FFU. Pemerintah kami akan melakukan segalanya untuk mengambil kembali Crimea dan kami akan melakukan segala hal untuk mengembalikan sepak bola Crimea ke Ukraina," papar Popov.

Menteri Olahraga Rusia Vitaly Mutko menampik adanya pelanggaran dalam keputusan menerima bergabungnya tiga klub Crimea. Menurut dia, ketiga klub tersebut yang menentukan pilihannya untuk bergabung ke Rusia.

"Komplain seperti apa yang bisa dilakukan Ukraina? Setiap orang boleh memilih," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement