Kamis 28 Aug 2014 13:24 WIB

Alasan Samuel Eto'o Pensiun dari Timnas Kamerun

Rep: C56/ Red: Citra Listya Rini
Samuel Eto'o
Foto: EPA/MAST IRHAM
Samuel Eto'o

REPUBLIKA.CO.ID, LIVERPOOL -- Striker anyar Everton Samuel Eto'o telah memutuskan mundur dari Timnas Kamerun dalam keikutsertaannya di kancah sepak bola internasional. Pernyataan ini terlontar dalam ucapan yang dia posting dalam akun Twitter pribadi miliknya.

"Saya ingin memberitahu Anda bahwa saya telah mengakhiri karir internasional saya saat ini," kata Eto'o dalam akun Twitternya dikutip dari FourFourTwo, Kamis (28/8).

Eto'o juga tak lupa mengucapkan terima kasih terhadap semua warga Afrika dan semua penggemarnya atas dukungan terhadapnya selama ini. Kepergian Eto'o untuk memilih pensiun hanya berselang dua hari dari penandatangannya untuk bermain bersama Everton dalam dua tahun ke depan.

Hal ini juga hanya berselang dua hari setelah dia di copot dari jabatan kapten Timnas Kamerun. Pelatih Timnas Kamerun, Volker Finke mendapuk Stephan Mbia untuk menggantikan posisi tersebut.

Bersama Timnas Kamerun, Eto'o sukses menorehkan berbagai gelar. Eto'o berhasil mengklaim mendali emas pada Olimpiade 2000 serta dua Piala Afrika pada 2000 dan 2002. Bukan hanya itu, ia juga mampu mendapatkan berbagai gelar prestisius priabdi bersama Kamerun.

Tercatat berbagai penghargaan pemain terbaik sempat berada di tangannya. Salah satunya adalah top skorer Piala Afrika tahun 2006 dan 2008, pemain terbaik Afrika tahun 2002 dan Golden Ball 2010 dari FIFA.

Bergabung sejak usia belia, Eto'o memabuat debut saat masih berusia 15 dimana Kamerun bertanding dengan Kosta Rika. Pada tahun 1998 dia berhasil menjadi pemain termuda di Piala Dunia kala itu, yaitu saat umurnya menginjak 17 tahun. Hingga 2014, Eto'o telah mengumpulkan 118 pertandingan dan mengoleksi 56 gol.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement