Senin 24 Nov 2014 23:02 WIB

Casillas Jadi Kandidat Kiper Terbaik FIFA 2014

Rep: Muhammad Iqbal / Red: Citra Listya Rini
Iker Casillas.
Foto: Reuters
Iker Casillas.

REPUBLIKA.CO.ID,  ZURICH  --  Secara mengejutkan penjaga gawang Real Madrid sekaligus timnas Spanyol, Iker Casillas, menjadi nominasi penjaga gawang terbaik dalam FIFA World XI 2014.  Keterkejutan seperti yang ditulis the Guardian, Senin (24/11), terasa wajar mengingat 2014 bukan tahun terbaik Casillas.

Ambil contoh, dari ajang La Liga, pria 33 tahun tersebut hanya tampil dalam 12 laga. Sedangkan bersama skuat La Furia Roja, Casillas memang masih menjadi pilihan utama.  

Namun, kegagalan Spanyol me langkah ke fase gugur tak lepas dari buruknya penampilan Santo Iker.  Kekalahan telak 1-5 atas Belanda dalam babak penyisihan grup bahkan diakui Casillas sebagai penampilan terburuk sepanjang karir.

Selain Casillas, nama lain yang menjadi nominator adalah Manuel Neuer.  Tak diragukan lagi, Neuer adalah kandidat kuat penghuni FIFA World XI 2014.  Raihan gelar juara dunia bersama Jerman serta double winner untuk Bayern Muenchen, adalah bukti sumbangsih Neuer.

Calon berikut adalah Thibaut Courtois.  Kiprah pemuda yang kini membela Chelsea bersama Atletico Madrid musim lalu sungguh fantastis.  Atletico diantarkan ke final Liga Champions serta memenangi La Liga, sekaligus meruntuhkan hegemoni Real Madrid dan Barcelona.

Berikut adalah Gianlugi Buffon.  Meskipun telah gaek, Gigi masih menjadi andalan Juventus dan timnas Italia.  Satu nama terakhir adalah Claudio Bravo yang kini membela Barcelona.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement