Jumat 13 Feb 2015 21:33 WIB

Ini Kebiasaan Unik Lima Pemain dan Pelatih di Sepak Bola

Kolo Toure
Kolo Toure

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Kita sudah lama mendengar tentang ritual unik pemain dan pelatih sepak bola. Laman UEFA menghadirkan kembali sejumlah kebiasaan yang dilakukan pelaku sepak bola ini. ROL mengambil lima di antaranya. Berikut kebiasaan unik lima pemain dan pelatih di lapangan hijau.

1. Kolo Toure 

Kolo Toure selalu harus menjadi pemain terakhir masuk ke lapangan saat masih membela Arsenal. Kebiasaan ini sempat menimbulkan masalah ketika Arsenal menghadapi AS Roma pada 2009 di Liga Champions. 

Saat itu rekannya William Gallas terlambat masuk karena masih menerima pengobatan akibat cedera. Toure merasa tidak bisa masuk kembali ke lapangan sampai Gallas muncul. Pertandingan babak kedua akhirnya dilanjutkan tanpa kedua pemain. Kakak Yaya Toure ini akhirnya mendapatkan kartu kuning karena masuk lapangan tanpa seizin wasit.

2. Tomas Rosicky

Kapten Republik Ceska Tomas Rosicky tidak pernah menyanyikan lagu kebangsaan dengan keras. Ia melakukan ini setelah menyadari bahwa ketika ia menyanyikan lagu kebangsaan dengan suara keras di level junior, timnya kalah.

3. Bruno Pesaola

Mantan pelatih Fiorentina Bruno Pesaola begitu yakin rekaman yang ia putarkan kepada pemainnya sebelum bertanding membawa keberuntungan. Pesaola pernah menempuh perjalanan sepanjang 500 km untuk mengambil rekamannya setelah menyadari ia telah meninggalkannya di rumah sebelum pertandingan tandang.

4. John Terry 

Kapten Chelsea John Terry juga terikat dengan ritual; untuk waktu yang lama ia akan mendengarkan CD Usher yang sama di dalam mobil sebelum setiap pertandingan, parkir di tempat yang sama, duduk di kursi yang sama di bus tim, dan bahkan menggunakan pelindung tulang kering yang sama selama sepuluh tahun - sebelum kehilangan pelindung itu dalam pertandingan di Barcelona.

5. Petr Cech

Kiper Republik Ceska ini memutuskan untuk tidak mencukur selama Piala Eropa 2012 sebagai jimat keberuntungan. Ia menolak bercukur meskipun istrinya menelepon untuk mengatakan dia terlihat jelek karena tak bercukur.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement