Sabtu 13 Jun 2015 22:41 WIB
SEA Games 2015

Timnas Dihajar Thailand, Aji Santoso: Ini Tanggung Jawab Saya

Rep: Muhammad Iqbal/ Red: Karta Raharja Ucu
Pelatih timnas Indonesia U-23, Aji Santoso.
Foto: Republika/Edwin Dwi Putranto
Pelatih timnas Indonesia U-23, Aji Santoso.

REPUBLIKA.CO.ID, SINGAPURA --Tim sepak bola Indonesia gagal melaju ke partai final SEA Games 2015.  Pada partai semifinal yang berlangsung di Singapore National Stadium, Singapore Sports Hub, Sabtu (13/6) malam, skuat Merah Putih harus menyerah atas Thailand lima gol tanpa balas. Gol-gol kemenangan tim Gajah Putih dicetak oleh Rungrat Phumichantuk pada menit 13 dan 51, Thitiphan Puangjan ('29), Narubadin Weerawatnodom ('56) serta Chanatip Songkrasin ('89).  

Ditemui di mixed zone seusai pertandingan, pelatih tim sepak bola Indonesia Aji Santoso angkat bicara.  "Ini tanggung jawab saya semua," ujar Aji kepada wartawan.  Menurut Aji, harus diakui Thailand adalah tim yang lebih baik dari pada Garuda Muda.  Selain itu, pria kelahiran Malang ini menyebut skuatnya menderita kelelahan lantaran minimnya waktu recovery.  

Sebelum melawan Thailand, Indonesia memainkan laga pamungkas grup A kontra Singapura, Kamis (11/6).  Dengan begitu, Evan Dimas dan kawan-kawan hanya beristirahat kurang dari 48 jam.  "Yang jelas, saya tidak excuse.  Ini kenyataan," kata Aji. 

Selain kedua alasan di atas, Aji menyebut lini belakang tim begitu keropos lantaran ketiadaan dua bek utama yaitu Abduh Lestaluhu dan Agung Prasetyo. "Itu juga berpengaruh," kata Aji.  "Intinya, kita kalah. Saya menghormati dan menghargai kerja keras pemain. Tapi, kita memang kalah," ujar mantan pelatih Persisam Putra Samarinda ini.

Selepas ini, tim sepak bola Indonesia masih akan bertanding melawan Vietnam pada perebutan medali perunggu. Aji mengaku akan merotasi skuat dengan memainkan sejumlah pemain yang selama ini menghuni bangku cadangan.  "Kita akan berusaha untuk bisa dapat medali," kata Aji.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement