Sabtu 08 Aug 2015 10:14 WIB

Era Marchisio

Claudio Marchisio
Foto: AP/Antonio Calanni
Claudio Marchisio

REPUBLIKA.CO.ID, Era baru Juventus dimulai. Itulah kata-kata yang keluar dari mulut Claudio Marchisio, gelandang andalan tim berjuluk La Vecchia Signora.

Pernyataan pemain berusia 29 tahun itu memang tak jauh dari kenyataan yang terjadi. Hengkangnya sejumlah pilar seperti Andrea Pirlo, Carlos Tevez, dan Arturo Vidal pada musim panas ini memang membuat Juve layaknya menjadi sebuah tim baru.

"Tak bisa dipungkiri, segala yang terjadi selama bursa musim panas ini telah mengubah Juventus. Saat ini, era baru telah dimulai," tutur Marchisio, seperti dikutip Tuttosport.

Kini, hanya tersisa Marchisio dan Paul Pogba dari empat gelandang inti skuat yang dibesut Massimiliano Allegri itu musim lalu. Bersama sejumlah pemain senior seperti Gianluigi Buffon, Giorgio Chiellini, dan Leonardo Bonucci, mereka akan bahu-membahu menjaga martabat Juventus sebagai peraih Scudetto empat musim berturut-turut pada kompetisi musim depan.

Khusus Marchisio, ia kini menjadi pemain paling senior di lini tengah Juve. Meskipun masih ada Buffon dan Chiellini yang masing-masing menjabat sebagai kapten dan wakil kapten, tidak bisa dimungkiri lagi bahwa penggawa timnas Italia itu adalah kapten masa depan Bianconeri (capitan futuro). Hal itu tak terlepas dari statusnya yang merupakan satu-satunya pemain senior yang merupakan didikan akademi Juventus.

Ujian pertama Marchisio dan kawan-kawan pada awal musim 2015/2016 adalah menghadapi Lazio pada ajang Piala Super Italia (Supercoppa Italiana), Sabtu (8/8) malam WIB. Apalagi pada laga itu, Juve sudah dipastikan tak akan diperkuat Chiellini, Alvaro Morata, dan gelandang anyar yang didapatkan dari Real Madrid, Sami Khedira.

Menatap musim depan, Marchisio mengaku optimistis. Diakuinya, pemain-pemain seperti Pirlo, Tevez, dan Vidal merupakan pemain-pemain penting. Namun, ketiganya bukan tidak bisa digantikan. Apalagi Juve telah mendatangkan sejumlah pemain anyar sebut saja Paulo Dybala dan Mario Mandzukic.

"Kepergian mereka akan meningkatkan tanggung jawab dalam diri pemain-pemain lainnya, termasuk juga saya," kata gelandang timnas Italia tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement