Rabu 09 Sep 2015 03:53 WIB

Gol ke-50 Rooney Bawa Inggris Tumbangkan Swiss 2-0

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Agung Sasongko
Penyerang Inggris, Wayne Rooney saat mencetak gol ke gawang Swiss pada laga kualifikasi Piala Eropa 2016 Grup E
Foto: AP Photo
Penyerang Inggris, Wayne Rooney saat mencetak gol ke gawang Swiss pada laga kualifikasi Piala Eropa 2016 Grup E

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Inggris sukses menaklukan Swiss dengan skor 2-0 pada laga Kualifikasi Piala Eropa Grup E, Rabu Dinihari. Harry Kane yang berperan sebagai pemain pengganti membuka skor terlebih dahulu, sebelum Wayne Rooney menggandakan keunggulan The Three Lion, sekaligus menjadi gol ke-50 dia bersama Timnas Inggris.

Bermain dihadapan pendukung sendiri, Inggris mendapatkan peluang emas pada menit ke-20 melalui Milner. Mendapatkan umpan terobosan, Milner melakukan tendangan keras dari dalam kotak penalti. Sayang, sepakannya masih bisa diblok kiper Swiss Sommer.

Swiss juga bukan tanpa ancaman. Shaqiri yang mendapatkan umpan terobosan berhadapan satu lawan satu dengan Hart. Namun, kiper Manchester City tersebut dengan sigap menghalau ancaman Shaqiri.

Swiss kembali mengancam gawang Ingris pada menit ke-42 melalui Drmic. Namun sayang, tendangan kaki kanannya masih melebar dari gawang. Hingga turun minum, skor kacamata tetap bertahan.

Memasuki babak kedua, Inggris bermain lebih agresif. Sundulan Rooney usai menerima umpan Chamberlain, hampir saja memecahkan kebuntuan tuan rumah. Namun masih bisa ditangkap oleh kiper.

Pada menit ke-55, Rooney melakukan tedangan jarak jauh. Sayang, sepakan kerasnya masih mengarah tepat kepada kiper Swiss. Dua menit kemudian, giliran Swiss yang mengancam melalui sundulan Xhaka yang juga mampu ditepis Hart.

Tuan rumah akhirnya mampu memecahkan kebuntuan lewat pemain pengganti Harry Kane pada menit ke-67. Luke Shaw yang mendapatkan bola di sisi kiri memberikan umpan silang, Kane yang berada bebas langsung melakukan tendangan kaki kiri untuk menaklukan Sommer, 1-0 untuk keunggulan Inggris.

Wayne Rooney menggandakan keunggulan Inggris melalui tenangan penalti pada menit 84, setelah Raheem Sterling dijatuhkan di kotak terlarang. Dengan gol tersebut, Rooney memecahkan rekor pencetak gol terbanyak sepanjangan sejarah Inggris dengan 50 gol untuk tim nasional. Hingga peluit akhir pertandingan dibunyikan, skor tetap tidak berubah untuk tuan rumah.

Dengan kemenangan tersebut, Inggris semakin kokoh di puncak klasemen Grup E dengan poin 24. Sementara Swiss bertengger di peringkat kedua dengan poin 15.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement