Rabu 09 Sep 2015 05:03 WIB

Rooney Pencetak Gol Terbanyak Sepanjang Sejarah Inggris

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Agung Sasongko
Penyerang Inggris, Wayne Rooney
Foto: AP Photo
Penyerang Inggris, Wayne Rooney

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Striker Manchester United, Wayne Rooney menjadi pencetak gol terbanyak sepanjangan sejarah Inggris, usai mencetak gol ke-50 saat mengalahkan Swiss 2-0 di Stadion Wembley, Rabu (9/9) melalui titik putih pada menit ke-84.

Rooney memecahkan rekor yang sebelumnya dicetak oleh Sir Bobby Charlton, dan menunjukan selebrasi yang cukup emosional usai mencetak gol. David Beckham yang menyaksikan secara lansung di Wembley pun langsung berdiri dan memberikan tepuk tangan untuk Rooney.

Ronney mencetak 50 gol dalam 107 penampilannya bersama timnas Inggris. Mengalahkan Charlton yang mencetak 48 gol dari 105 laga bersama The Three Lion. Selain Charlton, sebenarnya ada nama Gary Lineker yang juga mencetak 48 gol.

Posisi keempat ditempati Jimmy Greaves dengan 44 gol untuk Inggris. Sementara Michael Owen telah mencetak 40 gol sepanjang karirnya di timnas. Tempat berikutnya diisi tiga pemain besar di zamannya, yang sama-sama mencetak 30 gol, yaitu Nat Lofthouse, Tom Finney dan Alan Shearer.

Rooney memang sedang on fire, setelah mencetak sembilan gol dalam 11 laga terakhir bersama skuat asuhan Roy Hudson tersebut. Apalagi, dengan lolosnya Inggris ke Paris, Rooney terus berpeluang untuk menambah pundi-pundi golnya untuk timnas di usianya yang masih 29 tahun.

Rekan satu timnya di Manchester United Phil Jones, mengucapkan selamat kepada Rooney yang juga Kapten Setan Merah. ''Pencapaian yang luar biasa, selamat,'' kata Jones melalui akun twitter resminya, Rabu (9/9).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement