Sabtu 10 Oct 2015 07:14 WIB

Ceko Buru Juara Grup

Rep: Gilang Akbar Prambadi/ Red: Fernan Rahadi
Petr Cech, kiper timnas Ceska, melakukan sesi latihan di Wroclaw, Polandia, pada Senin (11/6).
Foto: Reuters/Petr Josek
Petr Cech, kiper timnas Ceska, melakukan sesi latihan di Wroclaw, Polandia, pada Senin (11/6).

REPUBLIKA.CO.ID, PRAHA -- Republik Ceko sudah memastikan diri lolos ke putaran final Piala Eropa 2016 usai mengalahkan Latvia awal bulan September lalu. Raihan 19 poin yang terkumpul dari delapan laga sudah cukup membuat Ceko menemani Islandia untuk melaju ke Prancis tahun depan.

 

Meski demikian, menatap laga melawan peringkat ke-3 Grup A kualifikasi Piala Eropa, Turki, Ceko tidak akan bermain aman apalagi santai. Pelatih Ceko Pavel Vrba menyatakan, seluruh pemain skuat inti yang dalam setahun ini telah berjuang membawa Ceko menuju Prancis sudah dipanggil  untuk berkumpul.

 

Menurut dia, ke-23 pemain yang dia panggil ke pusat latihan Timnas Ceko di Kota Praha datang dengan semangat membara. Dia pun yakin, para pemainnya yang akan turun dalam laga melawan Turki Sabtu (10/10) nanti siap bermain dengan kekuatan serius.

 

“Saya percaya mereka mengetahui bahwa kita punya peluang menjadi juara grup. Para pemain akan tampil penuh semangat,” kata Vrba dikutip dari laman resmi UEFA Rabu (7/10).

 

Pelatih berusia 51 tahun ini mengatakan, dalam laga melawan Turki nanti striker Ceko Tomáš Necid akan jadi andalan tim racikannya. Necid yang berkarier di Turki bersama  Bursaspor ini akhir pekan lalu mencetak trigol ke gawang Rizespor dalam partai lanjutan liga.

 

Dia pun hingga kini masih memimpin sementara daftar pencetak gol di Liga Turki musim 2015/2016. Kehadirannya pada laga Sabtu nanti tentu akan menjadi keuntungan tersendiri bagi Ceko dalam menghadapi Turki.

 

“Tomáš sempat cedera di awal musim ini, tapi sekarang, dia adalah bagian penting di klubnya. Dia sangat tajam dan kepercayaan dirinya akan membuat dia bersinar bersama Timnas,” kata Vrba.

 

Pelatih kelahiran Prerov, Ceko ini menambahkan, meski sudah memastikan lolos ke Prancis, Ceko masih memiliki tujuan untuk bisa menjuarai grup A. Menurutnya, misi tersebut tidaklah mustahil karena Ceko dan pemuncak klasemen grup, Islandia, sebenarnya memiliki poin sama, 19.

 

Keduanya sama-sama memiliki sisa dua laga. Setelah menjamu Turki, Ceko harus terbang ke Belanda tiga hari kemudian. Sedangkan Islandia, di saat Ceko meladeni Turki,  mereka akan kedatangan Latvia. Kemudian di laga terakhir, Islandia akan menjamu Turki. “Kami akan tampil dengan kekuatan penuh dalam dua laga sisa agar mendapat keuntungan dengan datang ke Prancis sebagai juara grup,” ujarnya.

 

Adapun Turki dipastikan akan berjuang mati-matian agar bisa mendapatkan tiga poin di Praha. Hal tersebut mengacu pada kenyataan posisi mereka di klasemen Grup A kini sudah dipastikan tidak bisa menyusul Ceko dan Islandia.

 

Alhasil, mereka kini harus berjuang agar bisa mendapat tiket play-off dengan menempati urutan ketiga klasemen akhir Grup A. Misi Turki cukup berat. Hal itu disebabkan setelah bertamu ke Praha, mereka akan menjamu pemimpin klasemen Grup A yang baru merasakan sekali kekalahan, Islandia, tiga hari kemudian.

 

Meski demikian, mereka memiliki peluang lebih baik ketimbang Belanda yang kini berada di posisi empat. “Kami masih memiliki keunggulan dua poin di atas Belanda. Perbedaan inilah yang akan terus kami pelihara,” kata pelatih Turki Fatih Terim dikutip dari situs resmi timnas Turki, tengah pekan ini.

 

Pelatih berusia 62 tahun ini menambahkan, tak masalah bagi mereka bila harus terbang ke Prancis dengan terlebih dulu memperebutkan tiket melalu fase play-off. Menurut Terim, sisa dua laga di depan mata harus sebaik-baiknya dimanfaatkan agar perjuangan selama ini bisa diganjar dengan setimpal.

 

“Kami sudah setahun berjuang dan kini telah sampai sejauh ini. Kami akan memanfaatkan semua laga sisa untuk bisa menuju Prancis,” kata eks pelatih Galatasaray ini.

Prediksi Susunan Pemain

Republik Ceko (4-4-2)

Pelatih: Pavel Vrba

Kiper : Cech

Bek tengah : Suchy, Prochazka

Bek kiri : Limbersky

Bek Kanan: Kalderabek

Gelandang tengah : Darida dan Pavelka

Sayap kiri : Sural

Sayap kanan : Dockal

Striker : Skoda,  Necid

Turki (4-2-3-1)

Pelatih: Fatih Terim

Kiper : Babacan

Bek tengah : Balta, Aziz

Bek kiri : Erkin

Bek kanan : Ozbayrakli

Gelandang tengah : Tufan, Inan

Gelandang serang : Ozyakup

Gelandang serang kiri : Turan

Gelandang serang kanan : Calhanoglu

Striker : Yilmaz

Lima laga terakhir Republik Ceko   

29/03/15    Republik Ceko    1-1    Latvia

01/04/15    Slovakia    1-0    Republik Ceko

13/06/15    Islandia    2-1    Republik Ceko

04/09/15    Republik Ceko    2-1    Kazakhstan

06/09/15    Latvia    1-2    Republik Ceko   

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement