Jumat 25 Mar 2016 00:28 WIB

14 Hal yang Perlu Diketahui tentang Johan Cruyff

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: M Akbar
Johan Cruyff
Foto: 4dfoot.com
Johan Cruyff

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Legenda sepak bola Belanda, Johan Cruyff, meninggal dunia dalam usia 68 tahun akibat penyakit kanker. (Baca: Legenda Sepakbola Belanda Johan Cruyff Tutup Usia)

Dilansir dari Independent, Cruyff terkenal dengan nomor punggung 14 karena nomor itu menjadi jersey yang telah membesarkan namanya. Mantan striker Ajax dan Barcelona ini pernah sukses membawa Belanda hingga babak final Piala Dunia pada 1974 melalui aksi permainan total football yang melegenda sampai kini.

Cruyff juga dianggap sebagai manajer luar biasa. Ini terbukti dengan empat gelar dari kompetisi domestik di Spanyol dan Piala Eropa ketika mengasuh Barca pada awal dekade 1990an. Setelah itu, ia juga sukses mengangkat dua kali trofi Liga Belanda bersama Ajax. Ajax ini merupakan klub yang telah membentuknya melalui akademi sejak usianya baru 10 tahun.

Sebuah pernyataan singkat di situs resminya menyatakan, "Pada 24 Maret 2016, Johan Cruyff (68) meninggal dengan tenang di Barcelona, dikelilingi oleh keluarganya setelah perjuangan keras melawan kanker."

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement