Jumat 02 Sep 2016 11:39 WIB

10 Pemain Termahal pada Bursa Transfer Musim Panas Ini

Rep: Dian Fath Risalah/ Red: Israr Itah
Shkodran Mustafi
Foto: Arsenal.com
Shkodran Mustafi

REPUBLIKA.CO.ID, REPUBLIKA.CO.ID, Bursa transfer pemain musim panas 2016 telah berakhir. Banyak pemain berganti kostum dan uang dalam jumlah amat besar juga keluar masuk. 

Tak terelakkan, rekor transfer pun tercipta seiring makin banyaknya uang yang dimiliki sejumlah klub, terutama yang berlaga di Liga Primer Inggris. Pendapatan mereka terdongkrak seiring naiknya harga hak siar televisi.

Klub-klub di Inggris memang mendominasi bursa transfer. Hanya ada Inter Milan dan klub Liga Super Cina Shanghai SIPG yang terselip dalam 10 besar biaya transfer terbesar pada musim ini.

Berikut 10 pemain termahal musim panas menurut laman AS:

10. Joao Mario

Pemain asal Portugal itu secara resmi pindah ke Inter Milan dari Sporting CP dengan biaya sebesar 40 juta euro (Rp 591 miliar). Mario, sudah mencetak enam gol dari 33 penampilan di liga untuk Sporting pada musim lalu, ia juga memainkan peranan kunci dalam membantu Portugal menjuarai Piala Eropa 2016. Langkah transfer gelandang timnas Portugal ini disebut sebagai pembelian paling mahal kedua dalam sejarah Inter. Mario memilih kaus bernomor punggung 6 di Inter.

9. Shkodran Mustafi

Arsenal memboyong bek keturunan Albania ini dari Valencia dengan harga 41 juta euro (Rp 608 miliar). Transfer pemain berusia 24 tahun ini diumumkan pihak Arsenal melalui akun Twitter resmi mereka pada Rabu (31/8) dini hari WIB. Kepindahan Mustafi menjawab pertanyaan fan Arsenal terkait lemahnya lini pertahanan the Gunners.

Pemain berkewarganegaraan Jerman ini juga memberikan dampak positif untuk klub amatir Jerman, SV 1914 Rotenburg yang mendapatkan bagian dari transfer Mustafi. Sesuai peraturan FIFA,  klub yang diperkuat seorang pemain dari usia 12 tahun hingga 23 tahun berhak menerima bagian pembayaran transfer si pemain.

Dalam hal ini, Mustafi sempat bermain untuk Rotenburg pada masa remajanya sebelum merantau ke Everton, Sampdoria, hingga Valencia. Sehingga klub divisi terbawah Liga Jerman tersebut itu berhak menerima uang 200 ribu euro atau sekitar Rp 2,9 miliar atas pembelian Mustafi dari Arsenal.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement