Selasa 01 Nov 2016 20:56 WIB

Klose Umumkan Pensiun, Siap Berkarier Jadi Pelatih

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Israr Itah
Miroslav Klose
Foto: AP
Miroslav Klose

REPUBLIKA.CO.ID, BERLIN -- Miroslav Klose secara resmi mengakhiri kariernya sebagai pesepak bola. Eks bomber timnas Jerman tersebut gantung sepatu pada usia 38 setelah tak lagi membela klub.

Asosiasi Sepak Bola Jerman (DFB) melaporkan bahwa Klose memilih pensiun setelah berhasil mempersembahkan gelar Piala Dunia 2014. Klose mengumumkan keputusannya meninggalkan level internasional pada Selasa (1/11).

Ia akan segera beralih profesi menjadi pelatih profesional. Itu ia lakukan setelah melakukan berkonsultasi dengan pelatih timnas Jerman Joachim Low dan direktur teknik Hansi Flick.

"Klose akan menjalani pelatihan individu dan program pelatihan dengan tujuan yang jelas untuk memulai karier barunya di dunia sepak bola, bukan sebagai pemain melainkan pelatih," bunyi pernyataan DFB, dilansir Reuters, Selasa (1/11).

Klose menjelaskan bahwa pilihannya untuk menjadi pelatih telah dipikirkan lebih dalam. Dia pun berterima kasih kepada semua orang yang membantu proses tersebut terlaksana.

Eks pemain Bayern Muenchen tersebut dipercaya masuk sebagai tim pelatih Jerman di kualifikasi Piala Dunia 2018 melawan San Marino dan pertandingan persahabatan melawan Italia bulan ini.

Sepanjang kariernya sebagai pemain profesional, Klose tercatat memperkuat lima klub yakni, FC Homburg, Kaiserslautern, Werder Bremen, Bayern Muenchen, dan terakhir klub Serie A, SS Lazio. Di level klub, Klose mencetak 213 gol dari 529 pertandingan di semua ajang kompetisi.

Sementara itu di level internasional, Klose yang menjalani debutnya bersama Der Panser pada Januari 2001, tercatat telah tampil dalam 137 partai dan mencetak 71 gol. Jumlah yang membuatnya menjadi top skorer timnas Jerman sepanjang masa.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement