Selasa 13 Dec 2016 09:46 WIB

Ronaldo: Tahun 2016 Karier Terbaik Saya

Rep: agus raharjo/ Red: Damanhuri Zuhri
Cristiano Ronaldo bersama trofi Ballon d'Or 2016.
Foto: EPA/ANGEL MARTINEZ - FRANCE FOOTBALL
Cristiano Ronaldo bersama trofi Ballon d'Or 2016.

REPUBLIKA.CO.ID, PARIS -- Cristiano Ronaldo sudah dinobatkan sebagai peraih Ballon d’Or 2016. Ronaldo mengalahkan Lionel Messi dan Antoine Griezmann untuk merebut Ballon d’Or untuk keempat kalinya.

Kesuksesan Ronaldo menyabet gelar ini tidak lepas dari kesuksesannya bersama Real Madrid dan Portugal selama 2016. Bersama El Real, Ronaldo meraih gelar Liga Champion, sedangkan bersama negaranya Portugal, pria 31 tahun merebut gelar Piala Eropa untuk pertama kalinya di Prancis 2016 kemarin.

Bagi Ronaldo pencapaian dua gelar juara bersama Madrid dan Portugal menjadi lengkap setelah dia menyabet Ballon d’Or. “2016 tidak diragukan lagi tahun terbaik dalam karir saya, baik secara kolektif dan sebagai individu,” ungkap Ronaldo pada media France Football dikutip ESPN FC, Selasa (13/12).

Baginya memenangkan gelar bersama Portugal adalah menemukan yang hilang dari karirnya. Gelar Piala Eropa untuk Portugal kemarin merupakan gelar paling penting dari karir sepakbolanya.

Berbeda dengan gelar Liga Champion yang diraih Madrid, klub asal Ibu Kota Spanyol sudah terbiasa untuk merebut gelar. Terbukti 11 piala Liga Champion sudah dipulangkan, sedangkan Portugal, belum pernah merasakan gelar juara apapun.

Meskipun, saat melakoni final Piala Eropa, Ronaldo tidak bermain penuh akibat cedera yang dialaminya. Namun, Ronaldo tetap berada di pinggir lapangan untuk memberi dorongan semangat bagi seluruh pemain Portugal memenangkan gelar. Hasilnya, sebuah gol Eder di masa perpanjangan waktu membuat Prancis harus gigit jari merelakan gelar juara menjadi milik Portugal.

Menurut Ronaldo, merebut gelar juara untuk Portugal merupakan momen emosional. Hal ini sama seperti yang dialaminya ketika pertama kali merebut Ballon d’Or tahun 2008 lalu. “Ini seperti gelar Ballon d’Or pertama di 2008, sangat spesial. Singkatnya, ini jadi tahun yang tak terlupakan,” ujar dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement