Kamis 15 Dec 2016 04:00 WIB

Muslimah Thailand Selatan Ini Ikut Dukung Tim Gajah Putih

Rep: Amri Amrullah/ Red: Bilal Ramadhan
Muslimah asal Thailand Selatan mendukung timnas Thailand di final leg pertama Piala AFF di Stadion Pakansari, Bogor, Rabu (14/12).
Foto: Amri Amrullah
Muslimah asal Thailand Selatan mendukung timnas Thailand di final leg pertama Piala AFF di Stadion Pakansari, Bogor, Rabu (14/12).

REPUBLIKA.CO.ID, CIBINONG -- Tiga orang muslimah asal Songkhla, Thailand Selatan, Masuroh Buladleejing (21 tahun), Asuda Waebesar (23 tahun) dan Karmi Piru (22 tahun) ikut datang dan menyaksikan siaran final piala AFF di Stadion Pakansari, Cibinong, Jawa Barat, Rabu (14/12).

Masuroh yang sempat berbincang dengan Republika.co.id mengatakan kedatangannya bersama sekitar 30an suporter Thailand ini ingin menunjukkan dukungan terhadap tim senegaranya. Hal ini menunjukkan bahwa warga Muslim di selatan sangat mencintai negaranya, walaupun berbeda secara keyakinan dengan mayoritas warga di Thailand.

"Kita bersama suporter Thailand dikoordinasi oleh Kedutaan Thailand," kata Masuroh yang juga tinggal di Indonesia sebagai mahasiswa STAINU Jakarta.

Berbeda dengan suporter Thailand lain, ia mengaku tidak kesulitan berbaur, karena banyak orang yang menganggap mereka seperti pendukung timnas Indonesia. Mereka juga menggunakan jilbab dan fasih berbahasa Indonesia dan Melayu.

Ia bersama dua temannya, Asuda dan Karmi merupakan mahasiswa pertukaran pelajar di Indonesia. Ia menempuh pendidikan di STAINU Jakarta, Sedangkan dua temannya, Asuda dan Karmi juga merupakan mahasiswa di Universitas Muhammadiyah Dr. Hamka (Uhamka).

"Kita pertukaran, Saya di STAINU dan mereka di Uhamka," ujarnya.

Mereka merupakan pertukaran pelajar muslim asal Thailand selatan yang digagas dua ormas besar NU dan Muhammadiyah. Karena fasih berbahasa Indonesia, ketiganya pun menjadi guide bagi suppoerter Thailand lainnya yang kesulitan berkomunikasi dengan panitia dan aparat keamanan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement