Rabu 04 Jan 2023 09:28 WIB

Jelang Semifinal Piala AFF 2022, Indonesia Pernah Menang Vs Vietnam pada 2016

Ada kesamaan antara semifinal Piala AFF 2016 dengan 2022.

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Endro Yuwanto
Para pemain timnas Indonesia saat laga Piala AFF 2022.
Foto: Republika/Edwin Dwi Putranto
Para pemain timnas Indonesia saat laga Piala AFF 2022.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Indonesia akan menghadapi Vietnam di semifinal Piala AFF 2022. Pertemuan kedua tim selalu berjalan panas dalam beberapa tahun terakhir, baik di dalam maupun luar lapangan.

Semifinal akan memakai sistem home-away. Indonesia akan memainkan leg pertama sebagai tuan rumah yang akan berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Jumat (6/1/2023). Tim Garuda akan bertandang ke Hanoi, Vietnam, untuk melakoni leg kedua pada 9 Januari 2023.

Baca Juga

Indonesia melawan Vietnam di semifinal Piala AFF 2022 mengingatkan kembali pertemuan kedua tim di semifinal Piala AFF 2016. Kala itu Indonesia sukses melaju ke partai final dengan keunggulan agregat 4-3.

Ada kesamaan antara semifinal Piala AFF 2016 dengan 2022. Persamaannya adalah leg pertama sama-sama digelar di Indonesia dan leg kedua di Vietnam. Di leg pertama yang dimainkan di Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupatan Bogor, Jawa Barat, Indonesia menang 2-1.

Hansamu Yama Pranata dan Boaz Salossa adalah pencetak gol Indonesia. Adapun satu gol Vietnam dicetak oleh Nguyen Van Quyet melalui penalti. Laga waktu itu berlangsung ketat.

Setelah Hansamu membuka keunggulan 1-0 pada menit ketujuh, Van Quyet menyamakan kedudukan 1-1 dan bertahan hingga babak pertama. Boaz kemudian mencetak gol kemenangan pada menit ke-50 melalui penalti.

Dalam 40 menit terakhir, Vietnam menghasilkan beberapa kali ancaman serius. Hal tersebut membuat penonton merasa waswas. Tetapi Indonesia akhirnya menutup kemenangan 2-1 di kandang.

Kemenangan itu menjadi modal bagus untuk melakoni leg kedua di kandang Vietnam. Dan benar saja, kemenangan di Pakansari sangat berarti karena di kandang Vietnam kala itu Indonesia bermain imbang 2-2 dan lolos ke final dengan agregat 4-3.

Lolosnya Indonesia ke partai final dilalui secara dramatis. Leg kedua yang berlangsung di Stadion My Dinh waktu itu, tuan rumah memberikan perlawanan sengit meskipun tampil dengan 10 pemain setelah Tren Nguyen Manh dikartu merah pada menit ke-76.

Indonesia unggul 1-0 pada menit ke-54 melalui Stefano Lilipaly. Di saat posisi Vietnam bermain dengan 10 pemain, tuan rumah justru bermain menekan dan berhasil menyamakan kedudukan pada menit ke-83.

Drama kemudian berlanjut ketika Vietnam berbalik unggul 2-1 pada menit ke-90+3 melalui M. Vu sehingga laga dilanjutkan ke babak perpanjangan waktu. Situasi tersebut membuat mental pemain Vietnam naik. Dukungan suporter tuan rumah menambah tekanan kepada tim Indonesia yang dilatih Alfred Riedl.

Indonesia sukses menyamakan kedudukan 2-2 pada menit ke-97 melalui penalti Manahati Lestusen. Skor tersebut bertahan hingga laga berakhir. Indonesia pun lolos ke final.

Di skuad Garuda tahun ini tersisa satu pemain yang merasakan atmosfer semifinal Piala AFF 2016, yakni Hansamu. Pemain Persija Jakarta itu baru bermain satu kali pertandingan di Piala AFF tahun ini yakni saat melawan Brunei Darussalam.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement