Selasa 03 Jan 2023 15:15 WIB

Unik, tak Langsung Pulang, Timnas Indonesia Lakukan Ini di Filipina

Timnas Indonesia meraih kemenangan penting di Filipina.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Pesepak bola Timnas Indonesia Dendy Sulistyawan (kedua kiri) bersama rekan setimnya merayakan gol yang dicetaknya ke gawang Timnas Filipina dalam laga lanjutan Grup A Piala AFF 2022 di Rizal Memorial Stadium, Manila, Filipina, Senin (2/1/2023).
Foto: ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay
Pesepak bola Timnas Indonesia Dendy Sulistyawan (kedua kiri) bersama rekan setimnya merayakan gol yang dicetaknya ke gawang Timnas Filipina dalam laga lanjutan Grup A Piala AFF 2022 di Rizal Memorial Stadium, Manila, Filipina, Senin (2/1/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, MANILA -- Timnas Indonesia menggelar latihan di Stadion Rizal Memorial, Manila pada Selasa (3/1/2023) pukul 11.00 waktu setempat sebelum meninggalkan Filipina. Dalam latihan tersebut, skuad Garuda dipisah menjadi dua kelompok. Kelompok pertama sudah berlatih dengan bola, sementara yang lain masih recovery dengan berlari keliling lapangan.

Fachruddin Aryanto dkk telah memastikan tempat di babak semifinal sebagai runner up Grup A setelah kemenangan melawan Kamboja, Brunei Darussalam dan Filipina juga hasil imbang melawan Thailand. Indonesia sejatinya mengoleksi jumlah poin yang sama dengan Thailand yakni sepuluh poin. Tapi tim Gajah Perang yang berhak keluar sebagai juara grup karena unggul dalam selisih gol. 

Baca Juga

Indonesia sebetulnya mempunyai peluang untuk lolos sebagai juara grup saat melaawan Filipina di laga terakhir grup, pada Senin (2/1/2023) malam. Tim Merah Putih telah memimpin 2-0 di babak pertama sementara di partai berbeda Thailand hanya unggul 1-0 atas Kamboja. Dengan hasil itu, kedudukan sementara klasemen berubah, dimana Indonesia memimpin. 

Namun, di babak kedua, Indonesia yang melewatkan banyak peluang ke gawang Filipina justru kebobolan satu gol sehingga harapan untuk menjuarai grup menipis. Di partai berbeda, Thailand semakin mendominasi dan mempertegas keunggulan selisih gol mereka dengan kemenangan 3-1 atas Kamboja. Tim asuhan Shin Tae-yong kini menanti hasil dari pertandingan terakhir Grup B pada Selasa (3/1/2023). 

Malaysia akan berhadapan dengan Singapura sementara Vietnam melawan Myanmar. Kedudukan klasemen sementara, Vietnam dan Singapura sama-sama mengoleksi tujuh poin, dimana Vietnam unggul dalam selisih gol. Di peringkat ketiga Malaysia menyusul dengan enam poin. 

Hasil dari pertandingan terakhir nanti, akan menentukan siapa lawan Indonesia di babak semifinal. Sebagai runner-up, Indonesia akan berhadapan dengan juara dari Grup B. Pelatih Shin Tae-yong memastikan timnya siap menghadapi siapa pun pada babak semifinal nanti. "Saya akan menyiapkan tim dengan baik agar tidak mengecewakan suporter," kata Shin Tae-yong usai pertandingan melawan Filipina, Senin (2/1/2023).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement