Senin 27 Mar 2017 04:00 WIB

Belanda Pecat Danny Blind dari Kursi Pelatih

Rep: Gilang Akbar Prambadi/ Red: Teguh Firmansyah
Pelatih Belanda Danny Blind
Foto: REUTERS/Andrew Couldridge
Pelatih Belanda Danny Blind

REPUBLIKA.CO.ID, AMSTERDAM -- Asosiasi sepak bola Belanda (KNVB) akhirnya memecat Danny Blind dari posisi pelatih usai hasil buruk Der Oranje dalam perjalanan mereka di babak kualifikasi Piala Dunia 2018. Direktur KNVB Jean Paul Decossaux mengatakan, timnas Belanda kini ada di posisi sulit untuk lolos ke Rusia tahun depan.

"Kami menghormati atas apa yang sudah Blind berikan tapi mengacu kepada hasil kami bersamanya, kami harus mengakhiri kerjasama ini," kata Paul dalam pernyataan resmi seperti dikutip dari Daily Star, Senin (27/3).

Kekalahan atas Bulgaria pada laga kelima kualifikasi Piala Dunia 2018, Ahad (26/3) lalu membuat Blind tergusur dari jabatannya. Bertandang ke markas Bulgaria, Stadion Nasional Vasil Levski, Belanda kalah 0-2.

Kekalahan ini jadi yang kedua diterima Belanda dalam lima laga kualifikasi di Grup A zona Eropa. Akibatnya, para menir harus rela berada semakin jauh dari tiket lolos ke Piala Dunia di Rusia tahun depan.

Hingga kini, Belanda baru menorehkan dua kemenangan dan satu hasil imbang. Koleksi tujuh poin yang Der Oranje miliki membuat mereka terpaku di peringkat keempat.

Saat ini, Belanda terpaut enam angka dengan penghuni posisi pertama yang punya hak lolos otomatis ke putaran final Piala Dunia, Prancis. Sedangkan dengan peringkat kedua yang berhak atas tiket play-off, Swedia, Belanda tertinggal tiga angka.

Jika tak bisa memperbaiki penampilannya dalam lima laga sisa, Belanda dalam ancaman rekor memalukan. Hal ini karena andai mereka tak lolos ke Piala Dunia 2018 nanti, maka itu akan jadi catatan negatif bagi Belanda dalam dua tahun terakhir. Tahun lalu, mereka juga harus absen dari pesta sepak bola bergengsi, Piala Eropa 2016 karena tak sanggup lolos dari babak kualifikasi.

Blind pun mengaku menyesal karena kebersamannya dengan timnas harus berakhir dengan cara pemecatan. "Saya sudah memberikan segalanya, sangat disayangkan sekaeang semua harus berhenti dengan cara ini," kata Blind.

Untuk sementara, posisi pelatih Arjen Robben dan kawan-kawan akan dipegang oleh juru taktik Belanda U-21 Fred Grim. Pada laga selanjutnya, Belanda akan menjamu Italia dalam pertandingan persahabatan Rabu (29/3) mendata

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement