Rabu 03 May 2017 19:38 WIB

Mencari Bibit Unggul di Festival Sepakbola Nasional Usia Dini

Festival Sepakbola Nasional Usia Dini U9, U10, U11, dan U12.
Foto: Istimewa
Festival Sepakbola Nasional Usia Dini U9, U10, U11, dan U12.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Pemuda dan Olah Raga menggelar Festival Sepakbola Nasional Usia Dini U9, U10, U11, dan U12. Acara yang didukung Indotelko Group ini akan berlangsung selama dua hari Sabtu-Ahad (29-30/4).

Pelaksanaan festival yang dibarengi HUT Pusdikzi TNI AD ke-67 ini nantinya akan diselenggarakan setiap tahun dan akan menjadi wadah resmi silarahim sekolah sepak bola (SSB) dan akademi sepak bola. 

Ketua Pelaksana yang juga Co Founder Indotelko Group, Setia Gunawan menjelaskan, jumlah peserta yang berpartisipasi dalam event ini sebanyak 72 tim yang masing-masing tim beranggotakan 15 orang. “Tidak kurang dari seribu anak ikut ambil bagian dalam event ini,"paparnya dalam keterangan tertulis yang diterima republika.co.id, Rabu (3/5).

Beberapa tim asal luar pulau Jawa pun turut hadir dan ambil bagian dalam festival yang memperebutkan piala bergilir Menpora dan piala tetap Danpusdikzi. Tim-tim tersebut berasal dari Payakumbuh, Samarinda, Kudus, Tasik Malaya, Bandung, Cirebon, Sukabumi, Karawang, Banten, Tangerang, Bekasi, DKI Jakarta, dan Bogor.

“Dukungan dari Kemenpora dan PSSI dalam event ini menjadi nilai lebih dan kunci suksesnya acara ini,” katanya.

Sekretaris Kementerian Pemuda dan Olah Raga Gatot S Dewabroto menilai festival seperti ini merupakan kesempatan mencari bibit-bibit unggul di usia dini.

 “Anak-anak sekarang mesti bersyukur karena di pemerintahan Presiden Jokowi dan kepemimpinan PSSI di bawah Komando Bapak Edy Rahmayadi yang juga selaku Pangkostrad, usia dini menjadi salah satu fokus yang akan diperhatikan oleh pemerintah dan PSSI,” Katanya.

Dikatakannya, usia dini diharapkan akan menjadi cikal bakal bagi kemajuan sepak bola Indonesia yang akan berbicara banyak di kancah internasional. 

“Siapa yang ingin menjadi Evan Dimas?, Siapa yang ingin menjadi Andik Virmansyah,” teriak Gatot kepada anak-anak peserta festival Menpora Cup yang langsung disambut dengan teriakan dan acungan jari dari ribuan anak-anak yang hadir dalam upacara pembukaan tersebut.

Selain dukungan dari Kemenpora dan PSSI, Festival Sepak bola Nasional Usia dini ini juga didukung oleh berbagai perusahaan dari berbagai industri, sebut saja Motorola, Telkom Indonesia, Smartfren, XL Axiata, Angkasa Pura II, Singa Mas Group, Vita Jelly Drink, dan juga susu Zee. 

Pihak penyelenggara menyediaka hadiah dan penghargaan hingga peringkat keempat yang masingmasing mendapatkan piala tetap dan piala bergilir bagi peringkat pertama, dan juga medali untuk masing-masing peringkat. Bersamaan dengan even ini juga diluncurkan dan dibuka secara resmi Academy

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement