Selasa 18 Jul 2017 19:49 WIB

Penggunaan Wasit Asing, Bagaimana Nasib Wasit Lokal?

Rep: Bambang Noroyono/ Red: Ratna Puspita
Logo Liga 1 Indonesia.
Foto: ist
Logo Liga 1 Indonesia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penggunaan wasit asing mulai diterapkan di Liga 1 2017. Lantas bagaimana dengan nasib wasit-wasit lokal yang tersisihkan dengan adanya pengadil impor ini?

Sub direktur bidang hukum dan kompetisi LIB Tigor Shalomboboy pada Selasa (18/7) menerangkan, di Liga 1 dan kompetisi di bawahnya Liga 2 bukan cuma peserta kompetisi yang punya sistem promosi dan degradasi. Dia mengatakan, wasit di dua kasta kompetisi tersebut pun punya sistem promosi dan degradasi. 

Dia mengatakan PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator kompetisi sepak bola nasional dan PSSI punya penilaian tentang kinerja wasit selama ini. Mereka yang punya reputasi baik dan mapan memimpin pertandingan di Liga 1 tentu bakal dipertahankan. Dia menambahkan wasit yang punya nilai jelek di Liga 1 pastiya bakal tergusur dengan kehadiran wasit asing ini. 

Saat ini, tercatat tak kurang dari 32 wasit lokal rekrutan PSSI untuk Liga 1. Tigor mengatakan, dari jumlah tersebut, wasit yang tergusur bisa digunakan di Liga 2.

Pun, menurut dia, bisa juga, wasit yang kurang baik di Liga 1 dialihkan memimpin pertandingan di Liga 1 U-19 2017 yang baru-baru ini mulai digelar. 

"Kami (LIB dan PSSI) kan sekarang punya banyak event (gelaran) kompetisi. Bisa saja, wasit-wasit yang kurang (bagus) ini, dialihkan ke yang lain," ujar Tigor.

LIB mengatakan pengadil lapangan impor tersebut akan mulai memimpin pertandingan di pekan ke-18, pada 4 Agustus mendatang. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement