Sabtu 02 Sep 2017 07:43 WIB

Jerman Menang Tipis, Loew tak Puas

Mats Hummels merayakan gol ke gawang Republik Ceska pada kualifikasi Piala Dunia 2018 Grup C Zona Eropa di Praha, 1 September 2017.
Foto: EPA-EFE/MARTIN DIVISEK
Mats Hummels merayakan gol ke gawang Republik Ceska pada kualifikasi Piala Dunia 2018 Grup C Zona Eropa di Praha, 1 September 2017.

REPUBLIKA.CO.ID, PRAHA — Bek Mats Hummels mencetak gol melalui tandukan kepala pada menit ke-88 untuk membawa Jerman menang 2-1 atas tuan rumah Republik Ceska. Hasil ini mempertahankan rekor sempurna Jerman setelah tujuh pertandingan pada kualifikasi Piala Dunia 2018, Jumat (1/9) waktu setempat atau Sabtu (2/9) dini hari WIB. 

Bertanding di Eden Arena, Praha, Timo Werner membawa Jerman unggul ketika ia mengemas gol keempatnya dalam empat pertandingan internasional terakhir yang dia lakoni. Namun, Vladimir Darida membuat Ceko menyamakan kedudukan melalui sepakan jarak jauh pada menit ke-78. Hummels menghempaskan tuan rumah dengan golnya. 

Pelatih Jerman Joachim Loew mengatakan tidak dapat puas dengan cara bermain anak-anak asuhannya. "Republik Ceko bertahan dengan baik, namun kami menyulitkan diri kami sendiri,” kata dia dilansir Reuters, dikutip dari Antara pada Sabtu. 

Terdapat banyak bangku kosong di stadion saat pertandingan berlangsung dalam cuaca panas. Jerman dengan cepat berupaya merusak malam bagi tuan rumah. Gol Werner terjadi pada menit ke-4. 

Ceska kehilangan bola dan Mesut Ozil langsung mengirimkan bola ke Werner, yang mengendalikannya tanpa cela dan melepaskan tembakannya melewati Tomas Vaclik.

Tuan rumah berupaya memperbaiki penampilan. Gelandang Ceska Jan Kopic memiliki peluang yang diblok pemain Jerman, Lars Stindl. Kemudian, giliran bek Ceska Jan Boril merangsek ke depan dan menguji kiper Jerman, Marc-Andre ter Stegen, dengan sepakan mendatar. Namun, kiper Barcelona itu berhasil membelokkan bola ke tiang gawang. 

Ceska terus membuat Ter Stegen berusaha mengamankan gawang Jerman. Michael Krmencik kemudian berusaha untuk mencungkil bola melewati Ter Stegen, namun sepakannya melambung di atas mistar. 

Ketika Ceska melakukan upaya menyamakan kedudukan, Jerman nyaris mencetak gol kedua melalui Stindl namun digagalkan penjaga gawang Ceska Vaclik. 

Ceska terus menekan pada babak kedua dan akhirnya meraih hasilnya pada menit ke-78 ketika umpan ke dalam di sisi kiri diarahkan kepada Vladimir Darida. Gelandang Hertha BSC itu mampu melepasan tembakan yang bersarang ke sudut atas gawang Jerman.

Namun, Jerman memiliki sengatan terakhir di pertandingan ini, ketika mereka mendapatkan tendangan bebas di lini tengah. Toni Kroos mengirimkan bola akurat tertuju kepada Hummels, yang menyambutnya dengan tandukan menuju sudut atas gawang. 

Kemenangan ini membuat Jerman memiliki 21 angka di puncak klasemen Grup C, unggul lima angka atas Irlandia Utara yang menang 3-0 di San Marino. Meski tampil gagah berani, Ceska tertinggal tujuh angka di posisi keempat dan nyaris dipastikan gagal bersaing untuk memperebutkan peringkat kedua. 

Upaya terakhir Ceska akan dilakukan pada Senin (4/9) ketika mereka berhadapan dengan Irlandia. Jerman dapat lolos ke Piala Dunia di hari yang sama kalau mereka mengalahkan Norwegia di kandang, dan Irlandia gagal mengalahkan Ceko.

Para juara grup lolos otomatis ke Rusia, sedangkan delapan tim peringkat kedua terbaik dari sembilan grup akan memainkan putaran playoff.

Pada laga lain Grup C, Norwegia menang 2-0 atas Azerbaijan melalui penalti dari Joshua King dan gol bunuh diri dari Rashad Farhad Sadygov. Hasil ini yang membuat kedua tim memiliki tujuh angka dan bersaing untuk mengamankan peringkat kedua.

San Marino berada di dasar klasemen setelah kalah pada semua pertandingan yang dimainkannya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement