Sabtu 07 Oct 2017 17:39 WIB

Kalahkan Georgia, Coleman tak Ingin Wales Terlena

Rep: Kiki Sakinah/ Red: Ratna Puspita
Chris Coleman
Foto: EPA-EFE/ZURAB KURTSIKIDZE
Chris Coleman

REPUBLIKA.CO.ID, TBILISI -- Pelatih tim nasional Wales Chris Coleman tidak ingin anak-anak asuhnya terlena dengan kemenangan atas Georgia 1-0 pada laga kualifikasi Piala Dunia 2018 Grup D di Boris Paichadze Dinamo Arena, Tbilisi, Sabtu (7/10) dini hari WIB. The Dragons masih harus mengalahkan Republik Irlandia pada laga terakhir, Senin (9/10), untuk punya peluang lolos ke Rusia, tahun depan.

Kemenangan atas Georgia hanya menjaga asa timnas Wales untuk melaju ke final Piala Dunia 2018, baik langsung maupun lewat playoff. Wales, yang mengoleksi 17 poin, masih tertinggal satu angka dari pemuncak klasemen sementara grup, Serbia, untuk memastikan lolos langsung ke Rusia. Wales akan menjamu Republik Irlandia pada laga kualifikasi Grup D di Stadion Kota Cardiff, Cardiff, awal pekan depan. 

Dengan satu laga tersisa, the Dragons akan lolos secara otomatis ke Rusia tahun depan kalau mereka mengalahkan Republik Irlandia di Cardiff dan Serbia gagal mengatasi Georgia pada laga terakhir kualifikasi. Wales setidaknya bisa melaju melalui babak playoff, kalau mereka meraih hasil imbang melawan Republik Irlandia dengan tetap berada di urutan kedua klasemen grup.

Tapi, kekalahan dari Republik Irlandia, yang tertinggal satu angka dari Wales, akan membuyarkan impian the Dragons. Karena itu, Coleman tak ingin terlena dengan kemenangan ini. Pelatih asal Inggris ini menekankan agar para penggawa Wales bekerja keras dan mempertahankan usaha mereka. 

Laga kontra Republik Irlandia diprediksi bakal berlangsung sengit karena menentukan nasib Wales ke Piala Dunia. "Itu akan semakin menjadi ketat di grup ini dan saya rasa itu akan selalu menyerah kepada pertandingan terakhir,”kata dia, dilansir dari BBC, Sabtu (7/10).

Wales berhasil mengalahkan Georgia lewat gol semata wayang yang diciptakan oleh Tom Lowrence. Wales kini tak terkalahkan dalam sembilan laga internasional terakhir mereka, yakni empat menang, 5 lima imbang. 

Mereka juga telah memenangkan tiga laga berturut-turut tanpa kebobolan gol untuk pertama kalinya sejak September 2015. Hasil ini juga merupakan kemenangan pertama Wales melawan Georgia dalam kompetisi internasional. Setelah sebelumnya mencatat satu hasil imbang dan tiga kekalahan dalam empat pertemuan terakhir mereka.

Coleman pun memuji performa para pemain asuhannya. Pelatih berusia 65 tahun ini mengatakan para pemain Wales tidak tampil mengecewakan. Padahal, menurutnya, itu adalah laga yang sulit dan terkadang memberikan kesulitan bagi mereka.

"Kami membuat beberapa situasi yang hebat, yang tidak selalu kami capai, tapi komitmen dari para pemain luar biasa," kata Coleman.

Pemain tim nasional Wales sebelum menghadapi Georgia pada kualifikasi Piala Dunia 2018 Zona Eropa Grup D. (Sumber: EPA-EFE/ZURAB KURTSIKIDZE)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement