Sabtu 25 Nov 2017 18:11 WIB

Persebaya Pastikan Diri Berlaga di Liga 1 Musim Depan

Rep: Bambang Noroyono/ Red: Endro Yuwanto
Pelatih Persebaya Angel Alfredo Vera (kiri) dan pemain Persebaya Irfan Jaya (kiri)
Foto: Republika/Febrian Fachri
Pelatih Persebaya Angel Alfredo Vera (kiri) dan pemain Persebaya Irfan Jaya (kiri)

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Persebaya Surabaya menjadi tim pertama dari Liga 2 2017 yang memastikan diri lolos menuju Liga 1 2018. Tiket promosi ke kompetisi kasta utama sepak bola nasional tersebut dipastikan menjadi hak skuat Bajul Ijo setelah menaklukkan Martapura FC 3-1 pada semifinal Liga 2, Sabtu (25/11).

Persebaya membuka keunggulan pada menit ke-25 lewat tendangan penalti Irfan Jaya yang memperdaya kiper Juni Irawan. Irfan kembali menjebol gawang Martapura pada menit ke-38 dan membut skor babak pertama berakhir 2-0.

Pada babak kedua, para pemain Martapura mencoba bangkit. Hasilnya pada menit ke-55 Reza Saputra berhasil memperkecil ketertinggalan. Reza berhasil menaklukkan kiper Miswar Saputra dan membuat skor menjadi 2-1.

Sayang gol tersebut sia-sia. Hanya tiga menit setelah kebobolan, para penggawa Surabaya kembali mencetak gol. Persisnya pada menit ke-58, pemain depan Persebaya Rishadi berhasil mematangkan peluang. Tandukannya berhasil membobol gawang Martapura. Skor kembali renggang 3-1. Skor tersebut bertahan sampai peluit panjang wasit dibunyikan pada menit ke-90.

Kemenangan Persebaya atas Martapura memastikan tim asuhan Angel Alfredo Vera itu menembus Liga 1 musim depan. Tetapi Liga 2 belum pungkas. Persebaya harus melakoni pertandingan final Liga 2 pada pekan mendatang. Calon lawan Bajul Ijo masih menunggu usai pertandingan semifinal lainnya antara PSMS Medan dan PSIS Semarang yang akan digelar malam ini.

Untuk tiket promosi ke Liga 1, selain Persebaya masih ada dua tiket ke kompetisi utama  itu. Sebab, Liga 1 memberikan promosi tiga tim teratas di Liga 2. Itu artinya dua tiket Liga 1 yang tersisa akan diperebutkan tiga tim semifinalis Liga 2 lainnya, yakni antara PSMS atau PSIS dan juga Martapura.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement