Rabu 29 Nov 2017 11:28 WIB

Tak Jauh Beda dari Montella, Gattuso Pakai Formasi Tiga Bek

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Endro Yuwanto
Gennaro Gattuso
Foto: EPA/OLIVIER MAIRE
Gennaro Gattuso

REPUBLIKA.CO.ID, MILAN -- Juru taktik anyar AC Milan Gennaro Gatturo mengatakan, dirinya bakal menggunakan formasi tiga bek dalam mengarungi sisa musim Serie A Liga Italia 2017/2018 ini. Formasi tersebut tentu tak berbanding jauh dari pelatih sebelumnya, Vincenzo Montella.

Gattuso baru saja ditunjuk sebagai pelatih Milan oleh direksi klub. Ia menggantikan peran Montella yang gagal dalam menjalani tren positif dalam periode kedua. Rhino, julukan Gattuso, bukan orang baru di internal Milan. Ia merupakan mantan pemain il Rossoneri bahkan bisa disebut sebagai legenda klub setelah menyumbangkan banyak gelar juara.

Sementara, dalam menjalani tantangan baru Gattuso berencana tetap mengusung skema tiga bek dengan mengandalkan sang kapten Leonardo Bonucci sebagai pemimpin Alessio Romagnoli serta Mateo Musacchio.

"Kami akan bermain dengan tiga orang di lini pertahanan. Saya memiliki hubungan yang bagus dengan Vincenzo Montella, meski kami memiliki konsep yang berbeda. Dia menyukai penguasaan bola, saya juga menyukainya," ujar Gattuso dalam konferensi pers bersama Milan dilansir Football Italia, Rabu (29/11).

Menurut Gattuso, dengan komposisi pemain yang saat ini dimiliki Milan, formasi 3-4-3 jadi pilihan yang paling cocok. "Pertahanan tiga orang dan empat di lini tengah, ini akan menjadi kunci untuk penyerangan. Tapi, kami harus bermain lebih langsung ke depan," sambung pria usia 39 tahun itu.

Lebih lanjut eks pelatih Palermo dan FC Sion ini mengaku sangat antusias ketika ditunjuk sebagai pelatih kepala Milan. Ia senang diberi sebuah tanggung jawab yang lebih besar oleh klub setelah sebelumnya dipercaya menjadi pelatih primavera.

"Ini adalah hari yang penting, ada sebuah tanggung jawab besar. Ini akan menjadi pekerjaan yang sulit, tim ini punya banyak rasa bangga dan usia pemain rata-rata 21 tahun. Mereka memiliki momen yang sulit tapi semua berjalan dengan baik," jelas Gattuso.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement